Mengapa Tuhan Yesus menjanjikan Roh Kudus Sebagai Penghibur?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 16 May 2024

Kalangan Sendiri

Mengapa Tuhan Yesus menjanjikan Roh Kudus Sebagai Penghibur?

Puji Astuti Official Writer
1041

Kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan kita  merupakan salah satu janji Tuhan Yesus kepada para pengikut-Nya sebelum meninggalkan dunia ini. Dalam Injil Yohanes 14:16-17, Yesus memberikan janji yang sangat berharga ini kepada murid-murid-Nya: "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."  

Janji ini merupakan bagian penting dari pengajaran Yesus menjelang penyaliban-Nya, karena memberikan pengharapan dan kepastian bagi para pengikut-Nya tentang kehadiran Roh Kudus di masa-masa sulit yang mereka lewati. 

Peran Roh Kudus Sebagai Penghibur 

Kata "Penghibur" dalam konteks Alkitab berasal dari kata Yunani "Parakletos" yang berarti seseorang yang dipanggil untuk mendampingi dan memberikan bantuan, nasihat, dan penghiburan.  

Roh Kudus tidak hanya memberikan penghiburan dalam saat-saat sulit, tetapi juga berperan sebagai penuntun, pengajar, dan pemberi kekuatan rohani. Ketika kita menghadapi pergumulan hidup, kehadiran Roh Kudus memberikan rasa damai dan keyakinan bahwa kita tidak sendiri. Dia adalah sumber kekuatan yang selalu siap menolong dan memberi hikmat dalam setiap situasi. 

Tuhan Yesus menjanjikan Roh Kudus sebagai Penghibur untuk memberikan ketenangan dan penghiburan kepada umat-Nya. Roh Kudus hadir untuk menguatkan iman, memberikan kedamaian di dalam hati, dan menopang saat-saat sulit dalam hidup. 

Mengapa Yesus Menjanjikan Penghibur?

Yesus menjanjikan Roh Kudus sebagai Penghibur untuk beberapa alasan utama:

Pertama, Yesus mengetahui bahwa para murid akan menghadapi banyak tantangan dan penganiayaan setelah kepergian-Nya. Kehadiran Roh Kudus sebagai Penghibur memberikan mereka kekuatan dan keberanian untuk tetap teguh dalam iman.

Kedua, Roh Kudus membantu para murid untuk mengingat ajaran-ajaran Yesus dan memberikan pengertian yang lebih dalam tentang kebenaran rohani.

Ketiga, Roh Kudus menjadi tanda kehadiran Allah yang abadi di tengah-tengah umat-Nya, memastikan bahwa mereka tidak pernah sendirian. 

Secara teologis, janji ini juga menunjukkan kelengkapan karya penyelamatan Allah. Setelah Yesus menyelesaikan dalam misi penyelamatan umat manusia dari dosa  melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Roh Kudus hadir untuk melanjutkan pekerjaan Allah di dunia, memperlengkapi dan memimpin umat percaya dalam perjalanan rohani mereka. 

Dampak Kehadiran Roh Kudus dalam Kehidupan Sehari-hari 

Kehadiran Roh Kudus sebagai Penghibur memiliki dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari orang percaya.  

Pertama, Dia memberikan kedamaian yang melampaui segala pengertian, terutama dalam situasi yang penuh tekanan dan ketidakpastian. Kedamaian hati  ini membantu kita tetap tenang dan percaya kepada Tuhan meskipun menghadapi badai kehidupan.  

Kedua, Roh Kudus memberikan kekuatan untuk menghadapi godaan dan cobaan, membantu kita hidup dalam kekudusan dan kebenaran.  

Ketiga, Dia membimbing kita dalam membuat keputusan yang bijaksana, memberikan hikmat dan pencerahan sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Dengan demikian, janji Tuhan Yesus tentang Roh Kudus sebagai Penghibur adalah sebuah anugerah yang luar biasa bagi umat-Nya. Melalui Roh Kudus, kita dapat merasakan kehadiran Tuhan secara nyata, penghiburan yang tiada tara, dan kekuatan yang tak terbatas. Marilah kita hidup dalam ketergantungan sepenuhnya kepada Roh Kudus, sehingga kita dapat mengalami hidup yang penuh berkat dan kemenangan dalam Kristus Yesus. 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang pribadi Roh Kudus? Anda bisa menghubungi  Tim Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan secara pribadi tentang Tuhan dan kehidupan Kristen.  

BACA JUGA:

Pentakosta Berhubungan Dengan Perayaan Yahudi?

Siapakah Roh Kudus dan Mengapa Tuhan Mengutus-Nya untuk Kita?

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami