7 Langkah Mudah untuk Mencegah Penyakit Ginjal
Sumber: canva.com

Health / 14 May 2024

Kalangan Sendiri

7 Langkah Mudah untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Jery Patampang Official Writer
475

Ginjal adalah organ vital yang bertugas menyaring darah, membuang limbah, mengontrol tekanan darah, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk menjaga keseimbangan ginjal agar berfungsi secara optimal.

Berikut ini 7 langkah mudah untuk mencegah penyakit ginjal:

1. Minum Air Mineral Secukupnya

Kebutuhan cairan yang cukup adalah kunci untuk fungsi ginjal yang sehat. Air mineral membantu menyaring dan mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh. Dianjurkan untuk minum sekitar 2 liter air mineral setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal.

Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda bergantung pada kondisi tubuh. Penjelasan lengkapnya bisa Anda baca dari artikel: 3 Kebiasaan Sepele yang Biasa Kita Lakukan Ternyata Berpengaruh Besar Bagi Kesehatan Lho!

2. Hindari Konsumsi Berlebihan Vitamin C

Setiap orang memiliki kebutuhan vitamin C yang berbeda, yang tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan aktivitas. Konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi secara berkelanjutan dapat membebani ginjal.

Penting untuk mengikuti rekomendasi dokter mengenai dosis yang tepat, dan pastikan untuk mengonsumsi cukup air bila Anda mengambil suplemen vitamin C.

3. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Olahraga teratur tidak hanya menjaga berat badan ideal tapi juga meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan ginjal. Orang dengan aktivitas fisik rendah cenderung lebih berisiko terkena penyakit ginjal. Mulailah dengan aktivitas ringan dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

4. Hindari Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

Menahan buang air kecil secara teratur dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Penting untuk tidak menahan kencing terlalu lama.

 

Baca Juga: Nahan Pipis, Bisa Bikin Gagal Ginjal Hingga Cuci Darah?!

 

5. Jaga Pola Makan Sehat

Pengaturan diet sangat penting, terutama jika Anda memiliki kondisi yang dapat mempengaruhi ginjal, seperti diabetes atau hipertensi. Batasi makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Pilihlah makanan segar dan hindari makanan olahan.

6. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Jika Anda memiliki faktor risiko atau kondisi yang mempengaruhi ginjal, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

7. Kenali Gejala Awal Penyakit Ginjal

Penting untuk mengenali gejala seperti produksi urine yang berkurang, pembengkakan pada ekstremitas, dan nyeri di punggung bawah. Pengenalan dini gejala dapat membantu deteksi penyakit ginjal lebih awal.

Melakukan langkah-langkah pencegahan ini tidak hanya akan menjaga kesehatan ginjal tetapi juga membantu mempertahankan kesehatan keseluruhan. Mulailah dengan perubahan kecil untuk hasil yang berdampak besar terhadap kesehatan ginjal Anda.

3 Yohanes 1 : 2

 

“Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.”

 

Sumber : Siloam Hospital, Alodokter, Halodoc
Halaman :
1

Ikuti Kami