Biar Makin Semangat Melayani, Ketahui 10 Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Pelayanan
Sumber: adobe stock

Kata Alkitab / 30 April 2024

Kalangan Sendiri

Biar Makin Semangat Melayani, Ketahui 10 Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Pelayanan

Claudia Jessica Official Writer
1374

Sebagai umat Kristen, kita dipanggil Tuhan yang melayani. Biar makin semangat melayani, mari kita ketahui apa yang alkitab bicarakan tentang pelayanan.

Melayani adalah tindakan kasih yang dilakukan dengan kerendahan hati untuk menolong orang lain dan memuliakan Tuhan. Bukan untuk mencari pengakuan atau pujian, melainkan dengan ketulusan dan kasih.

Yesus Kristus adalah teladan utama dalam pelayanan. Dia datang ke dunia untuk melayani dan memberikan diri-Nya sebagai korban untuk keselamatan manusia. (Matius 20:28)

Mari kita lihat lebih banyak ayat Alkitab yang bicara tentang pelayanan:

Pelayanan adalah Pekerjaan

Efesus 4:11-13

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.

2 Timotius 1:6-8

Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

2 Korintus 4:1

Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati.

2 Korintus 6:3-4

Dalam hal apa pun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela. Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran.

2 Tawarikh 29:11

Anak-anakku, sekarang janganlah kamu lengah, karena kamu telah dipilih TUHAN untuk berdiri di hadapan-Nya untuk melayani Dia, untuk menyelenggarakan kebaktian dan membakar korban bagi-Nya.

 

Pelayanan adalah Tanggung Jawab

1 Petrus 5:3

Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.

Kisah Para Rasul 1:8

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Ibrani 13:7

Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

1 Timotius 2:7

Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul — yang kukatakan ini benar, aku tidak berdusta — dan sebagai pengajar orang-orang bukan Yahudi, dalam iman dan kebenaran.

1 Timotius 6:20

Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan.

Ibrani 13:17

Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

2 Timotius 2:15

Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

Titus 1:7

Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah.

 

Pelayanan membawa hati

2 Timotius 4:5

Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

1 Timotius 4:7

Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.

2 Korintus 4:5

Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus.

Mazmur 126:6

Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

Wahyu 5:4

Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.

Melayani adalah bagian penting dari kehidupan orang Kristen. Dengan melayani, kita dapat meneladani Yesus Kristus, menunjukkan kasih kita kepada Tuhan dan sesama, dan mengalami sukacita dalam hidup.

Ingatlah bahwa pelayanan bukan hanya tentang melakukan tugas-tugas tertentu, tetapi tentang sikap hati yang penuh kasih dan kerendahan hati.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami