Kemenkes Beri Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Usia 21-26 Tahun
Sumber: Canva.com

Health / 29 April 2024

Kalangan Sendiri

Kemenkes Beri Vaksin Kanker Serviks Gratis untuk Usia 21-26 Tahun

Aprita L Ekanaru Official Writer
864

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengumumkan perluasan program vaksinasi human papillomavirus (HPV) sebagai langkah pencegahan kanker serviks, khususnya untuk usia 15 tahun (kelas 3 SMP). Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang cukup serius di Indonesia. Sebelumnya, vaksinasi telah diberikan kepada siswa kelas 5 dan 6 SD, dan sekarang akan diperluas untuk siswa kelas 5 dan 6 SD serta kelas 3 SMP.

Pelaksanaan vaksinasi ini direncanakan akan dilakukan secara serentak di seluruh provinsi Indonesia pada bulan Agustus 2024, dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Ini menjadi langkah proaktif dalam memberikan perlindungan terhadap kanker serviks, yang merupakan salah satu penyebab utama kematian pada perempuan di Indonesia.

Selain untuk anak-anak dan remaja, Kemenkes RI juga membuka program vaksinasi kanker serviks gratis untuk perempuan usia dewasa, khususnya mereka yang berusia 21 hingga 26 tahun. Meskipun pelaksanaannya belum dapat dilakukan dalam waktu dekat, Kemenkes berharap untuk melakukan pendataan terhadap perempuan yang memenuhi kriteria ini melalui Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, dr. Prima Yosephine, menjelaskan bahwa upaya ini merupakan bagian dari strategi lebih luas dalam mengurangi risiko kanker serviks di Indonesia. Meskipun ada tantangan dalam pelaksanaannya, langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan preventif bagi masyarakat, terutama dalam hal perlindungan terhadap penyakit yang dapat dicegah melalui vaksinasi.

Dengan demikian, program vaksinasi HPV ini menjadi salah satu upaya konkret dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama dalam menekan angka kematian akibat kanker serviks. Penting bagi masyarakat untuk memahami pentingnya vaksinasi ini sebagai langkah preventif yang efektif dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga.

 

BACAAN TERKAIT:

Dampak Serius Kanker Serviks, Bisa Sebabkan Komplikasi

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami