Perayaan Paskah Nasional 2024, Menteri Agama Refleksi Kasih Yesus untuk Sesama
Sumber: Jawaban.com - Daniel Tanamal

News / 27 April 2024

Kalangan Sendiri

Perayaan Paskah Nasional 2024, Menteri Agama Refleksi Kasih Yesus untuk Sesama

daniel.tanamal Official Writer
981

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas merefleksikan Kasih Yesus kepada sesama yang ditunjukannya dalam pengorbanan di kayu salib. Semangat ini menurutnya dapat menjadi perekat umat untuk berkomitmen terhadap kerukunan, dan menjaga perdamaian dan keharmonisan bersama. Hal ini dikatakannya dalam sambutan di Perayaan Paskah Nasional 2024, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (26/4/2024).

“Saat ini, dalam suasana Paskah, semoga kedamaian meliputi kita semua. Dari kota yang cantik Palangka Raya, spirit persatuan dan keutuhan dikumandangkan bagi Indonesia. Paskah menyimbolkan kemenangan atas dosa dan kematian menjadi landasan iman kristen. Kebangkitan ini membawa pesan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan dan kita semua diajak untuk berbagi harapan dan sukacita dengan dunia. Yesus telah menunjukan kasih kepada semua orang, kita juga harus memperlakukan semua orang dengan hormat dan cinta kasih terlepas dari latar belakang agama atau budaya mereka,” katanya dalam sambutan secara virtual.

Menag mengatakan Paskah merupakan waktu untuk merenungkan pengorbanan Yesus demi umat manusia. Dan didalam konteks kebangsaan, kita diajak untuk merenungkan nilai-nilai kasih dan pesan pengampunan yang diajarkan oleh Yesus Kristus. Dengan cara ini, tegasnya, kita dapat membangun jembatan antar agama dan mempromosikan kedamaian. “Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar di tengah-tengah masyarakat yang beragam. Kita semua diajak untuk menyikapi perbedaan ini dengan sikap pengampunan dan kasih. Salah satu cara untuk mengatasi masalah antar umat beragama adalah dengan dialog antar umat beragama, memungkinkan kita untuk saling memahami, berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain.”

Terhadap gelaran perayaan Paskah, Menag mengapresiasi konsistensi pelaksanaan yang telah dilakukan sejak tahun 2022 yang dimulai di Talaut, Sulawesi Utara, tahun 2023 di Manokwari dan tahun ini Kota Cantik Palangka Raya menjadi panggung berikutnya dalam spirit kemenangan.Menag berharap momentum Paskah ini digunakan untuk memperkuat komitmen terhadap kerukunan. 

Dirjen Bimas Kristen Jeane Marie Tulung juga turut hadir dalam Perayaan Paskah Nasional 2024 yang diselenggarakan di Stadion Sanaman Mantikei Kota Palangka Raya ini. Bersama dengan para pengurus aras nasional, Kakanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Tengah dan para pejabat pemerintah provinsi Kalteng yang hadir, Dirjen mengikuti seluruh rangkaian acara mulai dari pembukaan hingga ibadah syukur.

“Semoga Paskah membawa sukacita dan kedamaian bagi kita semua dan semoga kita terus bekerjasama untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Selamat Paskah untuk kita semua. Tuhan Memberkati. Shalom,” tutup Menag.

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami