Sibuk Bekerja Sampai Lupa Merawat Pernikahan, Gimana Solusinya?
Sumber: Canva.com

Marriage / 23 April 2024

Kalangan Sendiri

Sibuk Bekerja Sampai Lupa Merawat Pernikahan, Gimana Solusinya?

Aprita L Ekanaru Official Writer
774

Di era modern ini, kesibukan dalam pekerjaan seringkali menjadi penghalang bagi pasangan untuk menikmati waktu bersama dan membangun keintiman. Hal ini dapat menimbulkan keretakan dalam hubungan dan berakibat pada kebahagiaan rumah tangga. Berikut beberapa langkah yang dapat diterapkan:

1. Ciptakan Batasan Waktu

Atur jam kerja yang jelas dan patuhi disiplin waktu. Hindari membawa pekerjaan ke rumah atau tergoda untuk mengecek email kantor di luar jam kerja. Gunakan waktu luang untuk fokus pada pasangan dan keluarga.

2. Komitmen Terhadap Waktu Bersama

Jadwalkan waktu khusus untuk dinikmati bersama pasangan tanpa gangguan dari pekerjaan. Luangkan waktu untuk berbincang, berbagi cerita, dan melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama.

3. Atur Penggunaan Teknologi

Buatlah aturan yang jelas tentang penggunaan teknologi, seperti menonaktifkan notifikasi pekerjaan di luar jam kerja atau menetapkan waktu "bebas teknologi" di mana pasangan tidak menggunakan ponsel atau laptop. Hal ini membantu untuk fokus pada satu sama lain dan menghindari distraksi.

4. Komunikasi yang Terbuka dan Jujur

Bicarakan secara terbuka dengan pasangan tentang kekhawatiran dan kebutuhan terkait pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dengarkan dengan penuh perhatian dan temukan solusi bersama untuk mencapai keseimbangan yang ideal.

5. Saling Mendukung dan Menguatkan

Ingatlah bahwa pernikahan adalah sebuah tim. Dukunglah pasangan dalam mencapai tujuan karirnya, dan bantulah mereka dalam mengatasi stres yang terkait dengan pekerjaan. Berikan semangat dan dorongan agar mereka dapat bekerja dengan maksimal tanpa mengabaikan kehidupan pribadi.

6. Prioritaskan Waktu Bersama Tuhan

Luangkan waktu bersama untuk berdoa, membaca Alkitab, dan menghadiri kebaktian. Mencari kekuatan dan arahan dari Tuhan dapat membantu pasangan dalam menghadapi tantangan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta memperkuat hubungan.

Menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi memang tidak mudah, namun dengan komitmen dari kedua pasangan, hal ini dapat dicapai. Ingatlah bahwa pernikahan adalah anugerah dari Tuhan yang perlu dijaga dan dipelihara. Dengan saling menghormati, mendukung, dan meluangkan waktu berkualitas bersama, pasangan dapat membangun hubungan yang kuat dan bahagia, meskipun di tengah kesibukan pekerjaan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami