Fakta Alkitab: Sejarah Yordania Menurut Alkitab
Sumber: YouTube Jawaban Channel

Fakta Alkitab / 20 April 2024

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Sejarah Yordania Menurut Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
781

Kawasan Timur Tengah kembali memanas setelah Iran menyerang Israel pada Minggu (14/04) menggunakan ratusan rudal dan drone. Sejumlah negara bereaksi terkait konflik kedua negara tersebut.

Yordania, misalnya, menembak jatuh drone Iran yang sedang dalam perjalanan menyerang Israel sebagai langkah untuk melindungi warganya dari bahaya.

Namun, bagaimana sebenarnya Yordania digambarkan dalam Alkitab?

Wilayah Yordania dahulu mencakup beberapa wilayah yang disebutkan dalam Alkitab sebelum penaklukan oleh Israel kuno. Beberapa suku dan bangsa yang disebutkan dalam Alkitab sebagian atau seluruh teritorinya berada dalam wilayah Yordania. Salah satunya adalah bangsa Moab.

Moab, disebut berkali-kali dalam Alkitab sebagai tetangga dan kadang-kadang musuh dari orang Israel, terletak di bagian tengah hingga Selatan Yordania modern, terutama di sepanjang tepi Timur Laut Mati (Bilangan 21:13 dan Yosua 13: 15-16).

Selain itu, terdapat bangsa Amon yang juga sering disebutkan dalam Alkitab. Wilayah Amon terletak di sebelah utara Moab, terutama di sekitar wilayah ibu kota Yordania modern, Amman, yang nama kotanya berasal dari nama bangsa Amon (Kejadian 19:38).

Tak ketinggalan, terdapat pula Edom, yang terletak di bagian selatan Yordania modern, berbatasan langsung dengan Israel dan Yudea pada zaman kuno. Kisah orang Israel yang mencoba melewati tanah Edom untuk masuk Kanaan, namun ditolak oleh orang Edom, dicatat dalam Bilangan 20:14-21.

Ingin mengetahui lebih banyak fakta menarik seputar sejarah Yordania menurut Alkitab? Tonton video lengkapnya di YouTube Jawaban Channel atau berikut ini:

Sumber : YouTube Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami