Gereja Yang Berdampak, Jadi Terang Dan Garam Untuk Komunitas
Sumber: Jawaban

Kata Alkitab / 14 April 2024

Kalangan Sendiri

Gereja Yang Berdampak, Jadi Terang Dan Garam Untuk Komunitas

Puji Astuti Official Writer
952

Sejak awal Tuhan merancang Gereja-Nya bukan hanya sebagai sebuah bangunan fisik, namun sebagai tubuh Kristus yang aktif dan hidup di dunia untuk perwujudan kehadiran-Nya di dunia ini.  

Gereja bukanlah sekadar sebuah lembaga, tetapi merupakan perwujudan nyata dari kasih yang Tuhan ingin tampilkan kepada dunia. Mari kita jelajahi bagaimana Tuhan merancang gereja untuk menjadi terang dan garam dalam masyarakat, menjadi saluran kasih sehingga dunia mengenal Tuhan Yesus sebagai sumber utama kasih itu.  

Kasih Sebagai Identitas Pengikut Kristus 

Saat perjamuan terakhir, Tuhan Yesus memberikan perintah penting ini kepada murid-murid-Nya:  

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. (Yohanes 13:34-35) 

Panggilan Tuhan bagi setiap orang percaya dan gereja sebagai sebuah kesatuan adalah panggilan untuk berdampak bagi dunia ini. Bahkan, Alkitab menyebut pengikut Kristus sebagai garam dan terang (Matius 5:13-16), mereka yang mempengaruhi orang lain dan menerangi jalan menuju kepada kebenaran di dalam Yesus Kristus. 

Yesus menyatakan bahwa kasih ini akan menjadi komponen kunci dari gereja-Nya dan daya tarik bagi orang lain untuk percaya kepada Allah; kasih adalah ukuran utama dari murid sejati.  

Untuk menjadi saluran kasih ini, maka umat Kristen sebagai bagian dari gereja harus berperan dalam kehidupan masyarakat dan komunitas sekitar. Sama seperti garam, tidak akan dirasakan dampaknya jika tidak melebur dalam makanan, demikian juga umat percaya harus melebur dalam masyarakat untuk memberi dampak yang nyata dan menjadi saluran kasih Allah bagi sesama.  

Gereja Menjadi Jawaban Untuk Kebutuhan Masyarakat  | Next>>

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami