Kisah Kehidupan Pontius Pilatus, Sosok yang Menghukum Yesus Ini Alami Akhir yang Tragis
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 6 April 2024

Kalangan Sendiri

Kisah Kehidupan Pontius Pilatus, Sosok yang Menghukum Yesus Ini Alami Akhir yang Tragis

Claudia Jessica Official Writer
727

Pontius Pilatus adalah sosok yang memberikan hukuman salib kepada Yesus Kristus. Alkitab mencatat kehidupan sosok Pontius Pilatus ini memiliki akhir kehidupan yang tragis.

Pontius Pilatus menjadi salah satu sosok penting dalam penderitaan Yesus hingga penyaliban-Nya.

Tahukah Anda, ada sebuah aliran ortodoks yang mengakui Pontius Pilatus dan istrinya sebagai orang yang kudus?

Ahli sejarah memperkirakan bahwa Pontius Pilatus memulai kariernya sebagai prajurit dan akhirnya naik pangkat menjadi prefek atau gubernur atas Yudea, Samaria, dan Idumaea dari tahun 26-36 Masehi

Tradisi menyebutkan bahwa ia berasal dari klan Samnite di Pontii, wilayah pegunungan di selatan Italia, dan mungkin mendapatkan jabatannya melalui bantuan Sejanus, seorang pejabat tinggi Kekaisaran Romawi pada masa pemerintahan Kaisar Tiberius.

 

BACA JUGA: Pontius Pilatus, Dari Vonis Kematian Yesus Hingga Jadi Orang Kudus

 

Penemuan arkeologi pada tahun 1996 menunjukkan bukti konkrit akan sosok Pontius Pilatus yang disebutkan dalam Alkitab, dengan batu prasasti yang mencatat dedikasi Pilatus sebagai prefek Yudea kepada Kaisar Tiberius, diperkirakan dibuat antara tahun 26-36 Masehi.

Pontius Pilatus Menghakimi Yesus

Ketika Yesus diserahkan kepada Pontius Pilatus, pengadilan terbuka dilakukan di Litostrotos, juga dikenal sebagai Gabata. Pontius Pilatus menginterogasi Yesus, tetapi Yesus tidak menjawab ketika ditanya.

Pontius Pilatus menyadari bahwa orang Yahudi menyeret Yesus ke pengadilan karena dengki. Dia menawarkan pilihan kepada mereka untuk membebaskan Yesus yang tidak bersalah atau penjahat Barabas, dan orang Yahudi memilih Barabas.

Selama pengadilan, isteri Pontius Pilatus memperingatkannya untuk tidak melakukan ketidakadilan. Karena tekanan orang Yahudi, Pontius Pilatus menyerahkan keputusan akhir kepada mereka, mencuci tangan di hadapan orang banyak dan menyatakan bahwa darah Yesus bukan tanggung jawabnya.

Akhirnya, atas perintah Pontius Pilatus, prajurit Romawi menyiksa dan menyalib Yesus, lalu menjaga kuburnya.

Bagaimana akhir kehidupan sosok Pontius Pilatus? Saksikan dalam video Fakta Alkitab berikut ini:

Anda juga bisa mendukung Jawaban untuk membuat lebih banyak konten tentang Fakta Alkitab lewat link di bawah ini:

DUKUNG FAKTA ALKITAB

Sumber : YouTube Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami