Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Pilar Ekonomi Keluarga di Masa Sulit
Sumber: Canva.com

Finance / 29 March 2024

Kalangan Sendiri

Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Pilar Ekonomi Keluarga di Masa Sulit

Aprita L Ekanaru Official Writer
766

Di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi, peran ibu rumah tangga menjadi kunci dalam membantu mengatasi masalah finansial. Banyak ibu rumah tangga telah membuktikan bahwa mereka dapat menjadi pilar ekonomi keluarga dengan memulai usaha di rumah. Berbagai ide usaha sederhana yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga telah membuka jalan menuju kemandirian finansial, bahkan di tengah keterbatasan sumber daya.

Berikut beberapa ide usaha yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Menjual Makanan dan Minuman

Memasak merupakan salah satu keahlian utama ibu rumah tangga. Keahlian ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha kecil-kecilan di rumah, seperti:

  • Jualan makanan ringan: Kue basah, gorengan, atau cemilan lainnya dapat dijual di depan rumah, di sekolah, atau di pasar.
  • Menjadi katering rumahan: Menyediakan makanan siap saji untuk sarapan, makan siang, atau makan malam bagi tetangga atau karyawan di sekitar rumah.
  • Membuka warung makan: Menjual makanan siap saji dengan menu yang lebih beragam.

2. Menjual Produk Kreatif

Ibu rumah tangga yang memiliki bakat kreatif dapat menghasilkan produk-produk handmade yang dapat dijual, seperti:

  • Kerajinan tangan: Batik, rajutan, sulam, aksesoris, dan berbagai macam kerajinan tangan lainnya dapat dijual secara online atau di toko-toko kerajinan.
  • Jualan hasil tanaman: Jika memiliki halaman rumah yang cukup luas, ibu rumah tangga dapat menanam tanaman hias atau sayuran untuk dijual.
  • Membuat produk makanan olahan: Selai, sambal, kerupuk, dan berbagai macam makanan olahan lainnya dapat dijual secara online atau di toko-toko terdekat.

3. Menawarkan Jasa

Selain menjual produk, ibu rumah tangga juga dapat menawarkan jasa, seperti:

  • Menjadi penjahit: Menawarkan jasa jahit baju, kebaya, atau permak pakaian.
  • Menjadi guru les privat: Mengajar anak-anak sekolah di berbagai mata pelajaran.
  • Menjadi babysitter: Menjaga anak-anak tetangga atau orang lain di rumah.

4. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper merupakan pilihan usaha yang mudah dan minim modal. Ibu rumah tangga dapat menjual produk-produk dari supplier tanpa perlu memiliki stok barang sendiri.

Banyak keluarga prasejahtera di Indonesia berjuang untuk mengatasi masalah ekonomi. Tanpa pertolongan dari luar, mereka seringkali terjebak dalam siklus kemiskinan yang sulit untuk diputus. Dalam situasi ini, anak-anak menjadi korban utama, karena ketidakmampuan orang tua untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka, seperti makanan dan minuman.

Tim Kemanusiaan CBN melalui Program Pemberian Modal Usaha Kecil Menengah (UMKM) dari Obor Berkat Indonesia, memberikan peluang emas bagi keluarga yang terpinggirkan ekonominya. Lebih dari sekadar bantuan modal, Obor Berkat Indonesia juga menyediakan pelatihan dan pendampingan bagi para penerima manfaat. Dengan demikian, mereka tidak hanya mendapatkan modal untuk memulai usaha, tetapi juga keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut KLIK DI SINI.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami