Nonis War Takjil, Dari Toleransi Hingga Berkah Untuk UMKM
Sumber: Jawaban

Finance / 27 March 2024

Kalangan Sendiri

Nonis War Takjil, Dari Toleransi Hingga Berkah Untuk UMKM

Puji Astuti Official Writer
552

Selama bulan Ramadhan ini, netizen dihebohkan dengan nonis ikutan war takjil. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa maksudnya “nonis” itu? Ternyata itu adalah bahasa gaul untuk menyebut mereka yang non-Islam.  

Walau war takjil sengit di sosial media hingga saling ancam, seperti ancaman akan memborong telur menjelang Paskah, tetapi realitanya hal ini menjadi bagian ungkapan toleransi antar umat beragama di Indonesia. Kedewasaan dalam bersosial media dan saling menghormati antar umat menjadi perekat di masa-masa perayaan seperti bulan-Maret ini dimana umar Islam menjalani ibadah puasa dan umat Kristen menyambut Jumat Agung dan Paskah.  

Selain menjadi perwujudan toleransi, war takjil juga membawa berkah bagi para pelaku UMKM, terutama mereka yang menjual makanan berbuka puasa. Modal usaha untuk memulai berjualan takjil terbilang cukup terjangkau, mulai dari 100 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Tergantung dari banyaknya dan jenis makanan yang dijual.  

Menurut artikel yang dirilis oleh Cermati.com, dengan modal yang relatif kecil tersebut para penjual takjil dapat meraup keuntungan 30-40 persen dari omset penjualan mereka. Dengan adanya war takjil ini, secara tidak langsung membantu memasarkan dagangan para pelaku UMKM ini.  

7 Takjil Paling Banyak Dicari 

Indonesia kaya dengan kuliner khas, termasuk  makanan berbuka yang banyak digemari hampir oleh semua kalangan masyarakat. Beberapa diantaranya adalah :  

1. Kolak 

Makanan berkuah santan dan berisi potongan pisang, ubi, dan kolang kaling ini sangat nikmat ketika disantap saat berbuka puasa. Rasa manis gula merahnya akan dengan cepat memulihkan tenaga.  

2. Gorengan 

Mulai dari gorengan ubi, singkong, bakwan, tempe hingga tahu, akan ramai diborong oleh orang sebagai takjil. Pasalnya gorengan sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat, bukan hanya hadir di meja makan namun juga sering muncul di meja meeting.  

3. Kue Basah 

Yang disebut kue basah oleh masyarakat adalah klepon, dadar gulung, kue lumpur, apem, putu ayu, getuk lindri dan masih banyak makanan tradisional lainnya. Berbagai makanan itu juga sering di sebut sebagai jajanan pasar.  

Apa 4 takjil lainnya>>

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami