Presiden Putin Berdoa Untuk Korban Penembakan Masal di Moskow, Rusia
Sumber: BBC

News / 25 March 2024

Kalangan Sendiri

Presiden Putin Berdoa Untuk Korban Penembakan Masal di Moskow, Rusia

Puji Astuti Official Writer
534

Presiden Rusia Vladimir Putin berdoa secara khusus di gereja untuk para korban penembakan yang terjadi di gedung konser Moskow. Penembakan masal yang terjadi setidaknya menewaskan 137 orang, dan 150 orang terluka. Peristiwa ini menimbulkan kemarahaan masyarakat Rusia, mereka menyatakan tidak bisa melupakan dan memaafkan para pelaku.  

Penembakan masal terjadi pada Jumat (22/3/2024) lalu, saat konser baru saja dimulai. Empat orang membawa senjata api masuk ke konser hal saat grup musik yang terkenal di jaman Soviet, Picnic melantunkan lagu mereka.  

Kejadian ini menjadi peristiwa teror terburuk yang pernah terjadi di Rusia sejak kejadian terakhir di 2004 dimana pernah terjadi pengepungan sekolah Beslan, dimana saat itu ada 1000 orang ditawan termasuk anak-anak. Kejadian tersebut berhubungan dengan kelompok radikal muslim.  

ISIS Mengaku Bertanggung Jawab 

Pada Jumat itu juga, kelompok radikal ISIS cabang Afganistan menyatakan bertanggung jawab atas penembakan di gedung konser Moskow tersebut. Walau demikian, belum ada bukti tentang klaim tersebut.  

Pemerintah Rusia berjanji akan membongkar pelaku dan dalang dari kejadian yang mereka sebut sebagai tragedi yang mengerikan itu.  

"Semua pelaku, penyelenggara, dan mereka yang memerintahkan kejahatan ini akan dihukum secara adil dan pasti. Siapa pun mereka, siapa pun yang membimbing mereka," demikian pernyataan Presiden Vladimir Putin yang dikutip Reuters. 

Saat ini 11 orang telah ditangkap terkait kejadian ini, termasuk 4 pelaku penembakan yang menurut pihak berwajib sempat akan melarikan diri ke arah perbatasan Ukraina. Dua orang tersangka dihadirkan pada persidangan pada hari Minggu (24/3/2024) dengan tuduhan terorisme.  

BACA JUGA: 
Di Bom 3x Saat Liputan Perang Rusia-Ukraina, Benjamin Hall Jadi Saksi Pertolongan Tuhan

Prihatin Sama Nasib Umat Kristen, Presiden Putin Janjikan Ikut Bangun Gereja di Suriah

Minggu Perkabungan Bagi Masyarakat Rusia 

Misa Minggu Palma berubah menjadi masa perkabungan bagi para korban. Kesedihan masyarakat Rusia tak terbendung karena serangan bersenjata tersebut. Pada hari Minggu, gereja-gereja di Rusia melakukan misa khusus untuk berdoa bagi para korban dan juga keluarga yang terdampak karena kejadian tersebut.  

Sebuah video resmi juga dirilis yang memperlihatkan Presiden Vladimir Putin menyalakan lilin dan berdoa bagi para korban di sebuah gereja.  

Di depan gedung konser Moskow tampak masyarakat datang dengan membawa bunga, boneka dan ungkapan duka bagi para korban. Mereka yang tewas dan terluka di penembakan ini bukan hanya orang dewasa, namun juga ada anak-anak. Rusia mengadakan masa berkabung dan juga mengibarkan bendera setengah tiang untuk para korban.  

Terorisme menjadi sebuah tantangan global, dimana jaringan terorisme muncul di berbagai negara. Tindakan teror dengan alasan apapun tidak dibenarkan, terlebih mengorbankan nyawa masyarakat yang tak bersalah. Mari berdoa bagi para korban dan keluarga yang terdampak dan juga pemerintah Rusia dan negara-negara lain dapat bekerjasama dalam menangani jaringan terorisme. 

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami