Kate Middleton Divonis Sakit Kanker di Usia 42 Tahun, Optimis Sembuh
Sumber: Youtube

News / 24 March 2024

Kalangan Sendiri

Kate Middleton Divonis Sakit Kanker di Usia 42 Tahun, Optimis Sembuh

Puji Astuti Official Writer
1593

Dalam sebuah video yang diunggah di akun media sosial Kensington Royal, Kate Middleton, Duchess of Cambridge, mengumumkan bahwa dia didiagnosis menderita kanker. Pengumuman ini mengejutkan publik dan memicu gelombang dukungan dan doa untuk sang Duchess. 

Kate, yang menginjak usia 42 tahun pada 9 Januari 2024 lalu, tidak mengungkapkan jenis kanker yang dideritanya. Dia mengatakan bahwa dia didiagnosis setelah menjalani operasi perut pada bulan Januari. Saat ini, dia sedang menjalani kemoterapi tahap awal sebagai tindakan pencegahan. 

Meskipun diagnosis ini mengejutkan, Kate terlihat tegar dan optimis dalam video tersebut. Dia mengatakan bahwa dia bertekad untuk melawan penyakit ini dan berterima kasih atas dukungan dari keluarga, teman, dan publik. 

Kanker Menyerang Usia Produktif 

Diagnosis kanker Kate Middleton menjadi pengingat bahwa penyakit ini dapat menyerang siapa saja, termasuk orang-orang muda yang berada di usia produktif. Menurut data terbaru dari World Health Organization (WHO), kanker merupakan penyebab kematian utama kedua di dunia. Di Indonesia sendiri, kanker juga menjadi salah satu penyebab kematian terbesar.  

Ada pandangan bahwa penyakit kanker kebanyakan menyerang orangtua, namun faktanya saat ini banyak penderita kanker adalah usia produktif seperti yang dialami Kate Middleton yang baru berusia 42 tahun. 

Salah satu kanker yang sering dialami karena gaya hidup yang buruk adalah kanker usus besar. Dikutip dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (fk.ui.ac.id), Ketua Yayasan Kanker Indonesia Pusat, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, menyarankan agar masyarakat untuk melakukan pemeriksaan tinja berkala untuk mendeteksi kemungkinan kanker usus besar.  

“Kalau memang belum ada aksesnya, maka kita upayakan supaya periksa kotoran sekali setahun untuk melihat apakah ada darah samar,” demikian ungkap Prof.Aru.  

Harapan dan Kesembuhan Atas Kanker 

Namun kabar baiknya adalah, tingkat kesembuhan kanker terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi medis.  

Seperti yang dikatakan Kate  dalam video tersebut ia cukup optimis dalam menghadapi penyakitnya.  

“Saya baik-baik saja dan semakin kuat setiap hari dengan memusatkan perhatian pada hal-hal yang akan membantu saya sembuh; dalam pikiran, tubuh, dan semangat saya.” 

Dukungan dari orang sekitar, dan membangun semangat untuk kesembuhan sangatlah penting bagi para pasien yang sedang menjalani pengobatan. Dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, dan juga dengan doa dan kuasa Tuhan, banyak orang yang telah mengalami kesembuhan dari kanker. 

Banyak survivor  kanker menunjukkan bahwa penyakit ini bukanlah akhir dari segalanya. Dengan doa dan iman, optimisme, dan dukungan dari orang-orang terkasih, penyakit ini  dapat dilawan dan meraih kesembuhan.  

Anda dapat menonton kisah beberapa survivor kanker dalam tayangan Solusi ini: 

Pentingnya Deteksi Dini Kanker

Jika Anda merasakan gejala yang tidak biasa, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Deteksi dini adalah kunci utama untuk meningkatkan peluang kesembuhan kanker. 

Anda juga dapat memberikan dukungan kepada orang-orang yang sedang berjuang melawan kanker sehingga mereka dikuatkan dan memiliki semangat dalam melawan penyakitnya. Seperti yang dilakukan oleh banyak orang yang berdoa untuk Kate Middleton di sosial media untuk mendukung dia dan keluarganya.  

BACA JUGA: 

Didiagnosa Kanker, Aku Sempat Kecewa dan Marah Sama Tuhan

Mukjizat! Ibu Ini Secara Perlahan Sembuh dari Kanker Payudara

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami