Menikmati Kopi Saat Berpuasa, Perhatikan Waktunya Agar Tak Terserang Dehidrasi!
Sumber: Canva.com

Health / 18 March 2024

Kalangan Sendiri

Menikmati Kopi Saat Berpuasa, Perhatikan Waktunya Agar Tak Terserang Dehidrasi!

Aprita L Ekanaru Official Writer
569

Kopi menjadi minuman favorit banyak orang, tak terkecuali saat berpuasa. Tak heran, kafein di dalam kopi  diharapkan bisa menjadi 'penyelamat' untuk tetap terjaga dan fokus selama beraktivitas. Namun, muncul pertanyaan, kapan waktu terbaik minum kopi saat berpuasa, sahur atau buka puasa?

 

BACA JUGA: Minuman Penghilang Ngantuk Selain Kopi, Mau Coba yang Mana?

 

Lebih Baik Hindari Kopi saat Sahur

Para ahli kesehatan justru kurang menganjurkan konsumsi kopi saat sahur, begini alasannya:

1. Efek diuretik

Kopi bersifat diuretik, yaitu meningkatkan produksi urine. Ini bisa membuat tubuh cepat kehilangan cairan yang tentunya tidak diinginkan saat berpuasa. Dehidrasi bisa memperberat kondisi tubuh saat puasa, seperti lemas, mulut kering, hingga sakit kepala.

2. Ganggu penyerapan nutrisi

Minum kopi saat perut kosong bisa mengganggu penyerapan nutrisi penting dari makanan sahur.

3. Lambung perih

Kopi bersifat asam, dikhawatirkan bisa meningkatkan asam lambung dan menimbulkan rasa perih, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit maag.

 

Menikmati Kopi Setelah Buka Puasa

Jika kopi memang menjadi penyelamat kantuk Anda, waktu terbaik untuk menikmatinya adalah setelah berbuka puasa. Ada beberapa alasan yang mendukung:

1. Mencegah dehidrasi

Berbuka puasa dengan air putih tentu menjadi prioritas utama. Setelah tubuh terhidrasi dengan baik dan makanan terserap, barulah kopi bisa menjadi pilihan. Menunda konsumsi kopi selama 1-2 jam setelah buka puasa bisa menjadi solusi yang tepat.

2. Efek kafein lebih optimal

Kafein bekerja dengan cara memblokir reseptor adenosine, zat kimiawi di otak yang membuat Anda mengantuk. Saat berpuasa, kadar gula darah bisa turun sehingga memicu rasa kantuk. Menunda kopi hingga setelah buka puasa, ketika kadar gula darah mulai stabil, akan membuat efek kafein lebih optimal untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan.

3. Menjaga kualitas tidur

Idealnya, hindari konsumsi kopi mendekati waktu tidur, yaitu minimal 4 jam sebelumnya. Hal ini untuk memastikan kualitas tidur malam Anda selama berpuasa tetap terjaga.

 

Tips Menikmati Kopi saat Puasa

Meskipun kopi bisa dikonsumsi setelah buka puasa, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Batasi jumlah konsumsi

Batasi konsumsi kopi maksimal 2-3 cangkir per hari.

2. Pilih kopi rendah kafein

Jika Anda terbiasa dengan kopi strong, pertimbangkan untuk memilih kopi decaf (dibuang kafein) atau kopi dengan kadar kafein lebih rendah.

3. Hindari kopi instan

Kopi instan cenderung memiliki kandungan gula dan krimer yang lebih tinggi.

4. Minum dengan air putih

Biasakan untuk minum air putih di sela-sela kopi untuk mencegah dehidrasi.

5. Perhatikan kondisi kesehatan

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti maag atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai konsumsi kopi saat berpuasa.

 

BACA JUGA: Catat! 9 Kelompok Orang Ini Sebaiknya Gak Minum Kopi Lagi Kalau Mau Sehat

 

Menikmati kopi saat puasa tidak dilarang, namun perhatikan waktu terbaiknya, yaitu setelah berbuka puasa dengan jeda minimal 1-2 jam. Pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan dengan cukup minum air putih dan batasi konsumsi kopi Anda.  Selain kopi, terapkan pola hidup sehat lainnya seperti makan makanan bergizi seimbang, tidur cukup, dan olahraga ringan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami