Kunci Kesehatan Kulit: Asupan Makanan Tinggi Kolagen yang Harus Anda Ketahui
Sumber: HerZindangi

Health / 16 March 2024

Kalangan Sendiri

Kunci Kesehatan Kulit: Asupan Makanan Tinggi Kolagen yang Harus Anda Ketahui

Puji Astuti Official Writer
716

Hampir semua wanita ingin mempertahankan wajah cantik, namun penuaan alami sulit dilawan. Salah satu yang menjaga kecantikan alami pada wajah adalah kandungan kolagen pada kulit. Kolagen dapat membuat kulit tetap elastis dan mencegah penuaan dini seperti munculnya keriput, garis halus dan flek hitam.  

Itu sebabnya berbagai kosmetik dan krim kecantikan mengandung kolagen, karena manfaatnya sudah terbukti oleh penelitian. Namun apakah ada cara alami untuk mempertahankan kolagen pada kulit kita? 

Cara Alami Mempertahankan Kolagen 

Jawabannya adalah, “Ada!”  

Kalogen adalah jenis protein yang dihasilkan oleh tubuh kita secara alami, zat ini berada di beberapa bagian tubuh kita seperti : tulang, kulit, tendon, otot dan ligamen. Namun seiring usia, produksi tubuh dalam menghasilkan kolagen akan berkurang. Hal ini diperparah oleh paparan matahari, kebiasaan buruk seperti merokok atau minum-minuman keras, dan juga gaya hidup yang buruk seperti begadang.  

Lalu bagaimana untuk menjaga agar tubuh tetap bisa menghasilkan kolagen dengan baik? Tentu saja langkah pertamanya dengan memperbaiki gaya hidup kita. Pastika kita memiliki gaya hidup sehat, seperti tidur yang cukup, istirahat yang baik, berolahraga dan tidak merokok.  

Makanan Mengandung Kolagen

Setelah itu kita juga bisa memperbaiki asupan makanan kita, dengan makanan-makanan yang mengandung kolagen sehingga tubuh dapat  memproduksinya secara alami. Apa saja itu? 

1. Kaldu Tulang 

Kaldu tulang bukan hanya sekadar makanan lezat, tetapi juga merupakan sumber kolagen yang penting.  Dengan mengonsumsi kaldu tulang yang kaya akan kolagen, Anda dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kekeringan kulit. 

2. Daging Ayam 

Daging ayam kaya akan protein dan asam amino, yang merupakan bahan utama dalam produksi kolagen oleh tubuh. Bagian-bagian seperti kaki atau ceker, leher, dan tulang rawan mengandung kolagen tinggi. Dengan mengonsumsi bagian-bagian ini secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan menjaga kesehatan jaringan ikat. 

3. Ikan 

Ikan adalah sumber kolagen yang kaya, terutama jika Anda mengonsumsinya beserta kulitnya. Kulit ikan mengandung prolin dan glisin, dua asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 dan vitamin D yang penting untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

4. Brokoli 

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting dalam produksi kolagen. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane, senyawa yang membantu meningkatkan produksi kolagen dengan cara yang alami.  

BACA JUGA :

6 Manfaat Kolagen Dalam Mendukung Kesehatan Tubuh

Mengapa Kulit Perempuan Lebih Cepat Menua?

 

5. Telur 

Meskipun telur tidak mengandung kolagen langsung, mereka mengandung prolin dan asam amino lainnya yang diperlukan untuk produksi kolagen. Putih telur khususnya mengandung prolin, sedangkan kuning telur mengandung protein dan kolin yang dapat diubah menjadi glisin. 

6. Kacang Polong 

Kacang polong adalah sumber protein tinggi dan asam amino, yang diperlukan untuk produksi kolagen. Mereka juga mengandung tembaga dan seng, dua mineral yang penting dalam proses pembentukan kolagen.  

7. Wortel 

Wortel kaya akan vitamin A dan C, dua nutrisi yang penting untuk produksi kolagen. Vitamin A membantu merangsang produksi kolagen, sementara vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen yang efektif.  

Masih banyak lagi makanan lain yang mengandung kolagen dan nutrisi penting lainnya yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda. Bayam, kangkung, paprika, kacang mete, tomat, mangga, nanas, dan anggur merah adalah beberapa contohnya. 

Jadi, untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh Anda, pastikan untuk memasukkan makanan-makanan kaya kolagen ke dalam diet Anda secara teratur. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kulit yang sehat dan awet muda, serta tubuh yang kuat dan bugar. 

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami