Menjaga Hidrasi Selama Berpuasa, Menkes Ingatkan Aturan Minum Air Putih
Sumber: Canva.com

Health / 12 March 2024

Kalangan Sendiri

Menjaga Hidrasi Selama Berpuasa, Menkes Ingatkan Aturan Minum Air Putih

Aprita L Ekanaru Official Writer
1493

Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, baru-baru ini mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga hidrasi selama berpuasa. Beliau menyarankan agar masyarakat mematuhi aturan minum air putih 2-4-2. Aturan ini tidak hanya bermanfaat dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, tetapi juga mendukung fungsi tubuh yang optimal selama menjalankan ibadah puasa.

Mengapa Hidrasi Penting?

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Air merupakan komponen utama dari sel-sel tubuh dan berperan penting dalam proses metabolisme. Selama bulan puasa, tubuh akan mengalami periode tanpa asupan cairan yang cukup lama, sehingga risiko dehidrasi meningkat. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit kepala, kelelahan, dan penurunan konsentrasi. Oleh karena itu, mengikuti aturan minum yang disarankan oleh Menkes dapat membantu mencegah dehidrasi dan memastikan tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Aturan Minum Air Putih 2-4-2

Aturan 2-4-2 adalah panduan sederhana yang dirancang untuk membantu menjaga hidrasi selama bulan puasa. Aturan ini menyarankan untuk minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas saat sahur. Ini adalah cara yang efektif untuk membagi asupan cairan sepanjang malam dan memastikan bahwa tubuh mendapatkan cairan yang cukup untuk berpuasa di hari berikutnya.

Saat Berbuka Puasa:

Berbuka puasa dengan dua gelas air putih adalah cara yang baik untuk memulai iftar. Ini tidak hanya membantu mengganti cairan yang hilang selama hari tetapi juga mempersiapkan lambung untuk menerima makanan. Minum air putih sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah overeating.

Malam Hari:

Mengonsumsi empat gelas air putih di malam hari membantu menjaga hidrasi selama jam-jam tanpa makan dan minum. Ini juga mendukung proses pencernaan dan membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.

Saat Sahur:

Minum dua gelas air putih saat sahur sangat penting untuk memulai hari puasa. Ini tidak hanya membantu menghidrasi tubuh tetapi juga memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani hari.

Kiat Menjaga Hidrasi:

  • Minumlah air putih secara bertahap sepanjang malam untuk menghindari overhydration.
  • Hindari minuman dengan kafein atau gula tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Perhatikan warna urine; urine yang terang menunjukkan hidrasi yang baik.
  • Dengarkan tubuh Anda dan minumlah lebih banyak jika Anda merasa haus atau lelah.
Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami