10 Makanan dan Minuman Pereda Stres, Apa Saja?

Health / 9 March 2024

Kalangan Sendiri

10 Makanan dan Minuman Pereda Stres, Apa Saja?

Aprita L Ekanaru Official Writer
592

Stres merupakan bagian tak terelakkan dari kehidupan modern. Tekanan pekerjaan, masalah pribadi, dan berbagai situasi tak terduga dapat memicu stres yang mengganggu kesehatan fisik dan mental. Untungnya, beberapa jenis makanan dan minuman dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan mood.

1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dengan kandungan minimal 70% kakao kaya akan flavonoid, antioksidan yang membantu menurunkan hormon stres kortisol. Rasa manisnya pun dapat memicu pelepasan dopamin, neurotransmitter yang berkaitan dengan kebahagiaan.

2. Ikan Berlemak

Salmon, tuna, sarden, dan makarel kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam kesehatan otak dan mental. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati.

3. Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin B kompleks yang penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B membantu tubuh memproduksi neurotransmitter yang mengatur mood, seperti serotonin dan dopamin.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan produksi serotonin. Kandungan vitamin B6 dan magnesium dalam alpukat juga membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Yogurt

Yogurt yang mengandung probiotik bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan mental. Probiotik membantu meningkatkan produksi neurotransmitter GABA yang berperan dalam menenangkan otak dan mengurangi stres.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan magnesium, vitamin B kompleks, dan asam folat. Nutrisi ini membantu tubuh memproduksi neurotransmitter yang mengatur mood dan mengurangi kecemasan.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang membantu meningkatkan gelombang alfa di otak, sehingga menghasilkan efek relaksasi dan mengurangi stres. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mental.

8. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang almond, kacang mete, biji chia, dan biji bunga matahari kaya akan magnesium, vitamin B kompleks, dan protein. Nutrisi ini membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres.

9. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, jeruk, dan kiwi kaya akan vitamin C dan potassium yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan mood. Buah-buahan juga kaya akan serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan energi.

10. Air Putih

Dehidrasi dapat memperburuk stres dan mengganggu mood. Pastikan minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh terhidrasi dan membantu tubuh melawan stres.

 

“Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.”

Mazmur 94:19 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami