Hati-hati Godaan Takjil, Jangan Sampai Budget Makan Membengkak
Sumber: Canva.com

Finance / 8 March 2024

Kalangan Sendiri

Hati-hati Godaan Takjil, Jangan Sampai Budget Makan Membengkak

Aprita L Ekanaru Official Writer
567

Bulan Ramadhan merupakan momen penuh berkah bagi saudara kita umat Muslim. Di bulan ini, umat Muslim menjalankan ibadah puasa, di mana mereka menahan diri dari makan dan minum dari terbit hingga terbenamnya matahari. Namun, bagi orang Kristen, godaan takjil ini dapat menjadi dilema. Di satu sisi, ingin menikmati kelezatan takjil, di sisi lain, ingin menjaga bujet makan agar tidak membengkak. 

Berikut beberapa tips hemat untuk menjaga bujet makan bagi umat Kristen saat Ramadhan:

1. Tetapkan Batasan

Sebelum Ramadhan dimulai, tentukan batasan diri terkait konsumsi takjil. Apakah ingin mencicipi takjil setiap hari, seminggu sekali, atau hanya pada momen tertentu? Tetapkan batasan yang realistis dan sesuai dengan kondisi keuangan.

2. Masak Takjil Sendiri

Memasak takjil sendiri merupakan pilihan yang lebih hemat daripada membelinya. Selain itu, Anda dapat mengontrol bahan-bahan dan memastikan kebersihannya. Banyak resep takjil sederhana yang mudah ditemukan di internet atau buku masak.

3. Batasi Makan di Luar

Jika memungkinkan, batasi makan di luar selama bulan Ramadhan. Makan di luar, terutama di tempat yang banyak menawarkan takjil, dapat membuat Anda tergoda untuk membeli makanan yang tidak sesuai dengan bujet Anda.

4. Pilih Takjil yang Sehat dan Hemat

Jika Anda ingin membeli takjil, pilihlah yang sehat dan hemat. Hindari takjil yang terlalu manis atau berlemak. Pilihlah takjil yang terbuat dari bahan-bahan alami dan bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, atau roti.

5. Manfaatkan Promosi

Banyak supermarket dan toko yang menawarkan promo menarik selama bulan Ramadhan. Manfaatkan promo ini untuk membeli bahan-bahan makanan dengan harga yang lebih murah.

6. Hindari Berjalan-jalan di Dekat Tempat Jual Takjil

Jika Anda mudah tergoda dengan takjil, hindarilah berjalan-jalan di dekat tempat jual takjil. Hal ini dapat membantu Anda untuk tidak membeli takjil secara impulsif.

7. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Gunakan aplikasi pengatur keuangan untuk melacak pengeluaran Anda selama bulan Ramadhan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kemana perginya uang Anda dan memastikan bahwa Anda tidak over budget.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami