4 Penyakit yang Rentan Dialami Wanita Usia 40 Tahun ke Atas
Sumber: Canva.com

Health / 21 February 2024

Kalangan Sendiri

4 Penyakit yang Rentan Dialami Wanita Usia 40 Tahun ke Atas

Aprita L Ekanaru Official Writer
1714

Memasuki usia 40-an, wanita mungkin mengalami perubahan hormon, penurunan fungsi organ, dan peningkatan risiko beberapa penyakit. Oleh karena itu, wanita usia 40 tahun ke atas perlu lebih waspada dan proaktif dalam mengenali dan mencegah penyakit yang dapat mengganggu kualitas hidup mereka.

Beberapa penyakit yang rentan dialami wanita usia 40 tahun ke atas adalah:

1. Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular. Penyakit ini berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung, stroke, dan hipertensi. Risiko penyakit kardiovaskular meningkat seiring bertambahnya usia, terutama jika ada faktor risiko lain seperti merokok, obesitas, diabetes, dan riwayat keluarga. Untuk mencegah penyakit kardiovaskular, penting untuk menjaga pola makan sehat, berolahraga secara teratur, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, dan berhenti merokok.

2. Menopause

Perimenopause dan menopause. Perimenopause adalah masa transisi sebelum menopause, yaitu ketika menstruasi berhenti secara permanen. Perimenopause biasanya terjadi pada usia 40-50 tahun dan dapat berlangsung selama beberapa tahun. Gejala perimenopause meliputi hot flashes, keringat malam, perubahan suasana hati, insomnia, penurunan libido, dan perubahan siklus menstruasi. Menopause terjadi ketika ovarium berhenti melepaskan telur dan produksi hormon estrogen dan progesteron menurun. Menopause biasanya terjadi pada usia 51 tahun, tetapi dapat bervariasi. Gejala menopause mirip dengan perimenopause, tetapi juga dapat menyebabkan osteoporosis, penyakit jantung, dan kanker payudara. Untuk mengatasi gejala perimenopause dan menopause, penting untuk berkonsultasi dengan dokter, mengonsumsi kalsium dan vitamin D, menjaga berat badan ideal, dan mengurangi stres.

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun. Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri, menyebabkan peradangan dan kerusakan. Beberapa penyakit autoimun yang lebih sering menyerang wanita usia 40 tahun ke atas adalah lupus, rheumatoid arthritis, multiple sclerosis, dan psoriasis. Penyebab penyakit autoimun belum diketahui pasti, tetapi diduga dipengaruhi oleh faktor genetik, hormonal, lingkungan, dan infeksi. Pengobatan penyakit autoimun bergantung pada jenis dan tingkat keparahannya, tetapi umumnya melibatkan obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh, seperti kortikosteroid, imunosupresan, dan biologis.

4. Kandung kemih

Fungsi kandung kemih menurun. Seiring bertambahnya usia, saraf yang membantu kandung kemih untuk bekerja optimal mungkin tidak bekerja sebaik sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti inkontinensia urin, yaitu kehilangan kendali atas kandung kemih, atau kandung kemih yang terlalu aktif, yaitu keinginan buang air kecil yang sering dan mendesak. Faktor-faktor yang dapat memperburuk fungsi kandung kemih antara lain kehamilan, persalinan, menopause, obesitas, infeksi saluran kemih, dan batu ginjal. Untuk mencegah atau mengatasi masalah kandung kemih, penting untuk minum cukup air, menghindari kafein dan alkohol, berhenti merokok, menjaga kebersihan daerah intim, melakukan senam kegel, dan berkonsultasi dengan dokter.

Dengan menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat, wanita di usia 40-an dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami