5 Parenting Unik di Berbagai Negara, Gimana Menurut Anda?
Sumber: Canva.com

Parenting / 17 February 2024

Kalangan Sendiri

5 Parenting Unik di Berbagai Negara, Gimana Menurut Anda?

Aprita L Ekanaru Official Writer
752

Setiap negara memiliki budaya dan tradisi yang unik, termasuk dalam hal parenting atau pola asuh anak. Cara orang tua membesarkan anak-anak mereka dapat berbeda-beda, tergantung pada nilai-nilai yang dianut dan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

 

BACA JUGA: 9 Pola Asuh di Jepang yang Bisa Bikin Anak Jadi Lebih Unggul dan Mandiri

 

Berikut adalah beberapa contoh parenting unik dari berbagai negara:

1. Jepang

Anak-anak di Jepang diajarkan untuk mandiri sejak usia dini. Mereka biasa berangkat sekolah, naik transportasi umum, atau belanja sendiri tanpa ditemani orang tua. Hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab mereka. Orang tua di Jepang percaya bahwa dengan membiarkan anak-anak mereka bepergian sendiri, mereka akan belajar bagaimana mengikuti aturan, memecahkan masalah, dan menjaga diri mereka sendiri.

2. Vietnam dan China

Di Vietnam dan China, bayi-bayi sudah mulai dilatih untuk menggunakan toilet sejak usia yang sangat dini, bahkan sejak mereka berusia beberapa bulan. Orang tua di negara-negara ini percaya bahwa dengan melatih anak-anak mereka untuk menggunakan toilet sejak dini, mereka akan terhindar dari masalah kesehatan seperti ruam popok dan infeksi saluran kencing.

3. Italia

Anak-anak di Italia belajar kerajinan kayu dengan menggunakan palu dan gergaji sejak usia prasekolah. Mereka juga diperbolehkan untuk bermain dengan api, pisau, dan jarum. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan, dan rasa percaya diri anak-anak. Orang tua Italia juga cenderung membiarkan anak-anak mereka tidur larut malam, karena mereka menganggap keluarga sebagai prioritas utama.

4. Perancis

Anak-anak di Perancis makan seperti orang dewasa, baik dalam hal porsi, variasi, maupun waktu. Mereka tidak diberi makanan khusus anak-anak, melainkan makanan yang sama dengan orang tua mereka, termasuk keju, roti, sayuran, dan hidangan khas Perancis. Mereka juga makan pada waktu yang tetap, yaitu sarapan, makan siang, camilan sore, dan makan malam. Orang tua Perancis percaya bahwa cara ini dapat membentuk selera dan kebiasaan makan yang baik pada anak-anak.

5. Denmark

Orang tua Denmark menganut filosofi hygge, yaitu menciptakan suasana yang hangat, nyaman, dan bahagia di rumah. Mereka menghabiskan banyak waktu bersama anak-anak dan menikmati aktivitas sederhana seperti bermain, membaca buku, atau memasak bersama.

 

BACA JUGA: 17,95 Juta Remaja di Indonesia Terkena Penyakit Gangguan Mental, Orang Tua Harus Gimana?

 

Gaya parenting yang unik dari berbagai negara dapat memberikan inspirasi bagi orang tua di Indonesia. Dengan mempelajari berbagai gaya parenting, orang tua dapat menemukan cara terbaik untuk membesarkan anak-anak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dan budaya yang dimiliki. Namun yang terutama, parenting harus mengajarkan nilai-nilai Kekristenan, agar anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan mampu menjadi pemimpin di masa depan.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami