Pelayanan Gereja, Mengapa Orang Kristen Harus Melakukannya?
Sumber: Canva

Kata Alkitab / 4 January 2024

Kalangan Sendiri

Pelayanan Gereja, Mengapa Orang Kristen Harus Melakukannya?

Puji Astuti Official Writer
2755

Pelayanan gereja, Memangnya orang Kristen harus melakukannya? Mungkin Anda salah satu, dari banyak orang yang mengajukan pertanyaan ini. Ada berbagai alasan mengapa seseorang tidak mau pelayanan gereja. Mulai dari tidak percaya diri, merasa tidak punya talenta, hingga karena kecewa dengan pelayan gereja.  

Apapun alasan Anda menolaknya, kita perlu tahu bersama bahwa pelayanan gereja adalah salah satu hal penting bagi umat Kristen untuk bisa bertumbuh dalam kerohanian dan karakter. Panggilan melayani merupakan prinsip fundamental yang diajarkan oleh Tuhan Yesus Kristus. Ia meneladankan hal itu, Yesus sendiri datang ke dunia ini bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani, demikian juga kita diperintahkan untuk saling melayani (Matius 20:26-28).  

Kita dapat membaca bahwa Yesus bukan hanya melayani langsung di jalan-jalan, pasar dan pusat keramaian, tetapi Dia juga mengajar di Bait Allah (Lukas 20:1). Hal tersebut menyiratkan bahwa pelayanan gereja juga adalah panggilan yang mulia dan esensial. 

Panggilan melayani dapat kita lakukan dimulai dari komunitas terkecil, seperti keluarga dan gereja. Dalam 1 Petrus 4:10, kita diajak untuk menggunakan karunia-karunia yang kita terima untuk melayani sesama sebagai bentuk pelayanan kepada Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap individu memiliki peran dalam membangun dan memperkuat komunitas kecil mereka. 

Ada 4 alasan mengapa pelayanan gereja adalah hal penting untuk orang Kristen:  

1.  Pelayanan adalah salah satu pekerjaan baik yang Tuhan ingin Anda kerjakan 

- Ayat: Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. - Efesus 2:10 

- Penjelasan: Allah menciptakan setiap orang dengan tujuan khusus. Kita adalah hasil karya-Nya, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik yang telah disiapkan-Nya sebelumnya. Salah satu caranya adalah melayani dalam komunitas orang percaya, yaitu di gereja atau di komunitas sel atau persekutuan. 

2.  Saling Melayani adalah Wujud dari Kesatuan dalam Tubuh Kristus 

- Ayat: Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 1 Korintus 12:12  

- Penjelasan: Dalam 1 Korintus 12:12-31, dijelaskan tentang seperti apa Tubuh Kristus atau gereja Tuhan itu.  Orang percaya disebut sebagai saudara dan anggota dari satu tubuh Kristus. Setiap individu memiliki peran unik dalam melayani agar seluruh tubuh dapat mencapai tujuannya untuk membawa kemuliaan bagi Allah. Tidak ada yang lebih istimewa dari yang lainnya, untuk itu sebagai tubuh Kristus harus saling menghormati dan melayani satu sama lain dengan penuh kasih dan tulus.

BACA JUGA:

Melayani Dengan Semangat yang Menyala-nyala

Bagaimana Cara Menjadi Pelayan Tuhan yang Setia? Begini 8 Caranya...

3.  Diperlengkapi dengan Karunia Rohani untuk Pelayanan 

- Ayat: Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. - 1 Korintus 12:4–6  (Baca juga 1 Korintus 12:7–11, 28; Roma 12:3–8). 

- Penjelasan: Allah memberikan kepada setiap orang karunia rohani yang berbeda. Ini meliputi pengurapan, keterampilan dan kepribadian khusus yang diperlukan untuk melayani. Semua karunia tersebut penting dan memiliki peran dalam menggenapi rencana Allah di bumi ini. Jadi jika Anda tidak melakukan bagian Anda dalam melayani, karunia yang Allah percayakan kepada Anda tidak dimanfaatkan dengan baik.   

4.  Panggilan untuk Melayani dengan Kasih 

- Ayat: Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. 1 Korintus 13:1 (Baca juga ayat 2-3) 

- Penjelasan: Setiap orang dipanggil untuk melayani dengan kasih. Pelayanan tanpa kasih tidak bermakna. Ketika kita melayani dengan kasih, Allah akan dimuliakan. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk melayani lakukanlah itu karena Anda mengasihi Allah, bukan karena kewajiban, disuruh pendeta, atau karena Anda merasa lebih rohani. Lakukan pelayanan sebuah sebuah ungkapan cinta Anda pada Tuhan, dan untuk menjadi saluran kasih Tuhan bagi sesama.  

Dengan demikian, melayani di gereja atau komunitas bukan hanya tugas, tetapi juga bagian penting dari hidup orang percaya yang tercermin dalam pemahaman bahwa kita diciptakan untuk melakukan pekerjaan baik yang telah disiapkan oleh Allah. 

Jadi mari kita tertanam dalam gereja lokal kita, saling mengasihi dan saling melayani, sehingga dapat bertumbuh bersama menjadi serupa dan segambar dengan Tuhan kita, Yesus Kristus. 

Apakah Anda rindu untuk pelayanan namun belum tertanam dalam gereja lokal? Atau mungkin selama ini tidak mau melayani karena kecewa dengan gereja, hamba Tuhan atau sesama jemaat? Mari alami pemulihan, hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI, kami rindu berdoa dan menguatkan Anda. 

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. Ibrani 10:24-25 

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami