Jangan Diam! Ajak Anak Rayakan Tahun Baru 2024 dengan Aktivitas yang Menyenangkan dan Aman
Sumber: canva.com

Parenting / 31 December 2023

Kalangan Sendiri

Jangan Diam! Ajak Anak Rayakan Tahun Baru 2024 dengan Aktivitas yang Menyenangkan dan Aman

Claudia Jessica Official Writer
860

Malam Tahun Baru segera tiba! Meskipun Tahun Baru identik dengn pesta, bukan berarti kita tidak bisa merayakannya bersama anak-anak lho!

Ada begitu banyak kegiatan dan aktivitas yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak sehingga seluruh keluarga dapat menikmati momen pergantian tahun dengan sukacita bersama-sama.

Dalam artike ini, jawaban akan memberikan 3 ide untuk merayakan Tahun Baru yang aman namun tetap menyenangkan bersama anak-anak, yuk disimak:

1. Buat Kapsul Waktu

Salah satu kegiatan Tahun Baru yang menyenangkan dan bermanfaat untuk anak-anak adalah membuat kapsul waktu keluarga. Ini adalah cara unik untuk merenungkan momen-momen berharga sepanjang tahun dan menciptakan kenangan yang berharga di masa depan.

 

BACA JUGA: Refleksi Akhir Tahun Bersama Pasangan, Jadikan Hubungan Semakin Kuat di Tahun Baru

 

Caranya sederhana: minta anak-anak mengambil foto setiap anggota keluarga, lalu Anda dapat mengambil foto anak-anak. Selanjutnya, tuliskan biodata singkat tentang setiap orang di belakang foto mereka. Sertakan informasi seperti nama, umur, dan hal-hal favorit mereka. Tambahkan ke dalam kapsul waktu daftar aktivitas favorit mereka dan pencapaian atau penghargaan yang mereka terima tahun ini.

Anda juga bisa untuk memasukkan benda-benda kecil yang mewakili tahun tersebut, misalnya gelang buatan atau salah satu barang kesayangan. Selain itu, menulis surat untuk diri mereka di masa depan juga bisa menjadi sentuhan emosional yang bagus.

Terakhir, kubur kapsul waktu tersebut di area halaman belakang dan gambar peta yang menunjukkan cara menemukannya di masa mendatang. Aktivitas ini melibatkan anak-anak dalam refleksi dan merencanakan masa depan, sambil membentuk kenangan yang tak terlupakan.

2. Ambil Beberapa Tas Hitung Mundur:

Tas hitung mundur adalah cara interaktif untuk merayakan Tahun Baru dengan anak-anak. Belilah beberapa kantong coklat atau kantong makan siang dan tuliskan jam pada masing-masing tas, dimulai dari jam 8 malam hingga tengah malam.

Di dalam setiap tas, letakkan kartu dengan kejutan untuk setiap jam. Kartu kejutan tersemuk dapat berupa tantangan, camilan, atau kejutan kecil lainnya. Misalnya, tas jam 8 bisa berisi kartu "Mainkan tebak-tebakan," yang bisa menjadi kegiatan menyenangkan selama satu jam. Di jam berikutnya, Anda bisa membuka tas baru dengan kejutan yang berbeda di dalamnya.

 

BACA JUGA: 7 Doa Tahun Baru 2024 dan Ayat Alkitab Untuk Terobosan di Tahun Depan

 

Kegiatan ini dapat diikuti oleh anak-anak, baik dalam mengikuti permainan, bernyanyi karaoke, menikmati camilan, dan merenung pada tengah malam. Hal ini memberikan aktivitas dan kegembiraan untuk malam Tahun Baru tanpa harus keluar rumah atau bergadang hingga larut malam.

3. Menonton Film saat Malam

Jika Anda ingin kegiatan yang lebih santai, menonton film di jam malam adalah pilihan yang sempurna. Biarkan anak-anak memilih film favorit mereka, atau pilih film yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Misalnya seperti The Polar Express, Rise of the Guardian, A Charlie Brown Christmas, dan film-film yang khas ditayangkan selama musim Natal bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menyambut tahun baru.

Untuk menambah kenyamanan saat menonton, Anda juga bisa menyediakan camilan, kue, dan minuman. Jadikan malam menonton film ini sebagai kesempatan untuk bersantai bersama keluarga tanpa perlu banyak persiapan.

 

BACA JUGA: 10 Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 Yang Membangkitkan Iman

 

Tahun Baru adalah waktu yang luar biasa untuk menciptakan kenangan bersama anak-anak. Apapun pilihan kegiatan yang Anda pilih, yang terpenting adalah menjadikannya menyenangkan dan bermakna.

Selamat merayakan Tahun Baru!

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami