Biar Cepet Pulih dari DBD, Ini Jenis-jenis Makanan Yang Perlu Anda Konsumsi dan Hindari
Sumber: canva.com

Health / 28 December 2023

Kalangan Sendiri

Biar Cepet Pulih dari DBD, Ini Jenis-jenis Makanan Yang Perlu Anda Konsumsi dan Hindari

Claudia Jessica Official Writer
2338

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Beberapa gejala yang paling sering dirasakan oleh penderitanya adalah demam tinggi, mual dan muntah, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, pendarahan, hingga menurunnya trombosit dalam darah.

Salah satu aspek penting dalam proses penyembuhan DBD adalah pola makan yang tepat. Beberapa makanan tertentu, dapat membantu mempercepat proses kesembuhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh penderitanya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas makanan yang baik untuk penderita DBD. Apa saja ya?

1. Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita DBD. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat dan antioksidan, yang dapat mendukung proses pemulihan tubuh.

 

BACA JUGA: Nyamuk Wolbachia Jadi Alat untuk Atasi DBD, Seberapa Efektif?

 

2. Air Kelapa

Air kelapa sering disebut sebagai minuman yang menyegarkan, tetapi manfaatnya lebih dari sekadar itu. Air kelapa mengandung elektrolit alami, seperti kalium dan magnesium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Penderita DBD sering mengalami dehidrasi, dan air kelapa dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk mengatasi masalah ini.

3. Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan vitamin A, C, dan enzim papain. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan papain memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu dalam proses pencernaan. Kandungan serat dalam pepaya juga dapat mendukung kesehatan pencernaan penderita DBD.

4. Pisang

Pisang adalah sumber energi yang baik dan mudah dicerna. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Penderita DBD yang sering mengalami mual atau muntah dapat memperoleh nutrisi dari pisang tanpa memberatkan lambung.

5. Susu

Susu menjadi sumber protein dan kalsium yang penting untuk pemulihan tubuh. Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, sementara kalsium mendukung kesehatan tulang. Pemilihan susu rendah lemak dapat menjadi opsi yang baik untuk menghindari kelebihan lemak jenuh.

 

BACA JUGA: Waspada, Kasus Demam Berdarah di Jakarta Lagi Tinggi! Mulai Lakukan Pencegahan Ini...

 

Selain kelima makanan di atas, penderita DBD juga wajib menghindari 3 jenis makanan ini jika ingin cepat pulih dari DBD:

ada tiga jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mendukung pemulihan yang optimal.

1. Minuman Beralkohol

Alkohol dapat berkontribusi pada dehidrasi, suatu kondisi yang sering kali dialami oleh penderita DBD. Dehidrasi dapat memperburuk gejala seperti demam dan mual. Lebih baik memilih minuman yang dapat menghidrasi tubuh, seperti air kelapa atau air putih.

2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak, terutama yang tinggi lemak jenuh, sebaiknya dikurangi dalam pola makan penderita DBD. Lemak berlebih dapat memberatkan kerja pencernaan dan memperberat gejala seperti mual atau diare. Pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti protein tanpa lemak, sayuran, dan buah-buahan.

3. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Penderita DBD perlu berhati-hati dengan asupan gula. Makanan dan minuman tinggi gula dapat memengaruhi kadar glukosa dalam darah. Meskipun gula dapat memberikan energi cepat, namun fluktuasi kadar glukosa dapat membuat penderita merasa lemah dan tidak nyaman. Pilihlah sumber karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian utuh dan sayuran.

 

BACA JUGA: Selain Cegah DBD, Serai Juga Punya 7 Manfaat Kesehatan Ini Loh!

 

Selain itu, penderita DBD juga disarankan untuk memperhatikan prinsip-prinsip umum berikut:

  • Asupan Cairan yang Cukup: Dehidrasi adalah masalah umum pada penderita DBD. Pastikan untuk mengonsumsi cukup cairan, terutama air kelapa, air putih, atau kaldu.
  • Keseimbangan Nutrisi: Perhatikan keseimbangan nutrisi dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Pastikan terdapat cukup protein, vitamin, dan mineral untuk mendukung pemulihan tubuh.
  • Hindari Makanan Pedas dan Berat: Makanan pedas dan berat dapat memberatkan sistem pencernaan. Pilihlah makanan yang mudah dicerna untuk mencegah ketidaknyamanan

Makanan yang dipilih selama proses penyembuhan DBD harus mendukung pemulihan dan memberikan nutrisi yang diperlukan. Namun, setiap penderita DBD memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda sehingga perlu dikonsultasikan kepada dokter untuk membantu mempercepat proses kesembuhan.

Sumber : hellosehat
Halaman :
1

Ikuti Kami