7 Cara Sederhana dan Penuh Makna Rayakan Hari Ibu
Sumber: Canva

Marriage / 20 December 2023

Kalangan Sendiri

7 Cara Sederhana dan Penuh Makna Rayakan Hari Ibu

Puji Astuti Official Writer
1218

Hari ibu tinggal beberapa hari lagi, pastikan ya 22 Desember 2023 ini menjadi momen istimewa untuk sosok hebat dalam hidupmu. Mengapa sih kita perlu memberikan penghargaan kepada sosok ibu dalam hidup kita?  

Alkitab Mengajarkan Untuk Menghormati Orangtua  

Dalam Keluaran 20:12 disebutkan, "Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya umurpanjangmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu." Menghormati orangtua, termasuk ibu, merupakan salah satu perintah Allah yang paling utama, setelah menghormati Tuhan. Orangtua dianggap sebagai perwakilan Allah, dan melalui mereka, kita memahami tentang kasih dan otoritas. Berkat yang luar biasa diberikan kepada kita yang mematuhi perintah ini, sebagaimana janji Tuhan bagi kita adalah umur panjang. 

Yesus meneladankan menghormati dan merawat ibunya 

Yesus memiliki pemahaman yang mendalam dan penghargaan terhadap hati seorang ibu. Ia dilahirkan dalam sebuah keluarga yang menunjukkan kepadanya kasih, kebaikan, dan perhatian. Sepanjang hidup Yesus, Ia menjadi teladan penghormatan kepada semua wanita dengan menghormati ibunya sendiri dengan cara yang tidak umum pada zamannya. 

Bahkan hingga di kayu salib, Yesus masih mengingat ibunya dan menitipkannya kepada murid yang dikasihi-Nya.  

Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: ”Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-Nya: ”Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. (Yohanes 19:26-27) 

Untuk itu, penting mengajarkan anak-anak untuk menghargai ibu dalam hidup mereka. Sebab ibu telah berkorban dalam banyak hal. Di hari ibu tahun 2023 ini, yuk kita buat sebuah kejutan sederhana namun bermakna untuk sosok ibu yang kita kasihi. Apa saja yang bisa kita lakukan?  

Berikut 7 Cara Sederhana dan Penuh Makna Merayakan Hari Ibu

1. Memberi hari libur dari pekerjaan rumah 

Khusus di hari ibu, berikan hari libur untuk ibu dari semua pekerjaan rumah. Anda sebagai suami dan bersama anak-anak bisa mengambil alih semua pekerjaan di hari itu. Siapkah kegiatan yang menyenangkan untuk ibu, sehingga ia merasa rileks dan juga ungkapkan apresiasi atas semua yang sudah ia lakukan selama ini.  

2. Buatkan sarapan pagi istimewa 

Bangunlah lebih awal, dan buatkan sarapan pagi yang istimewa untuknya. Petiklah sekuntum bunga dan tuliskan sebuah pesan ungkapan kasih di kartu untuk ibu. Bangunkan ibu dengan penuh sukacita dan sajikan sarapan yang hangat bersama seluruh anggota keluarga.  

3. Buat kompilasi foto dan video  

Ya, di jaman sekarang foto dan video menjadi cara untuk menyimpan memori dan kenangan indah. Buatlah kompilasi momen-momen istimewa dan buatlah sebuah video ucapan terima kasih atas semua cinta dan pengorbanan yang sudah ibu berikan selama ini. Buat video ini menjadi kejutan kecil penuh makna yang dapat ibu putar kembali.  

4. Undang sahabat-sahabat ibu untuk merayakan kebersamaan 

Salah satu kejutan sederhana namun penuh makna adalah hadirnya sahabat terkasih sang ibu di momen istimewa ini. Ya, ijinkan ibu untuk menikmati waktu kebersamaan bersama sahabat-sahabatnya. Ia pasti akan sangat berterima kasih, karena waktu istimewa bersama sahabat seringkali menjadi waktu yang langka dan sulit didapat di tengah kesibukan seorang ibu.  

5. Tiket nonton bersama papa 

Hadiah ini menjadi istimewa, karena anak-anak memberikan sebuah waktu khusus untuk papa dan mama membangun kebersamaan nonton film bioskop berdua. Hadiah ini memang untuk ibu, yaitu waktu berkualitas bersama pasangannya untuk memperkuat ikatan tali kasih antara suami dan isteri.  

6. Spa bersama antara ibu dan putri tercinta 

Ide lainnya adalah waktu antara ibu dan putrinya, Anda bisa melakukannya dengan pergi ke salon kecantikan atau melakukan spa bersama. Kebersamaan ini menjadi momen untuk berbagi nilai-nilai dan juga kedekatan sebagai wanita.  

7. Makan malam bersama keluarga 

Tidak semua keluarga memiliki tradisi untuk makan malam bersama, hal ini biasanya dilakukan pada acara khsusus saja. Untuk itu, jadikan hari ibu sebagai salah satu acara khusus dalam keluarga untuk mengungkapkan kasih dan penghargaan kepada ibu tersayang. Tidak harus di tempat mewah, namun temukan tempat dimana seluruh keluarga bisa menikmati makanan sambil berbincang hangat.  

Dengan merayakan Hari Ibu, keluarga menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat, mempererat hubungan antaranggota keluarga, dan menciptakan kenangan indah bersama. Penghargaan terhadap ibu juga memberikan dampak positif dalam dinamika keluarga, menciptakan lingkungan yang penuh kasih, menguatkan hubungan antargenerasi, dan membentuk fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan anggota keluarga.

Oleh karena itu, merayakan Hari Ibu bukan hanya menjadi tradisi, tetapi juga investasi dalam kebahagiaan dan kesatuan keluarga. Selamat merayakan Hari Ibu. 

------------------------------------------------------------------

 

Saat ini CBN sudah melayani 3.720 anak lewat Sanggar Belajar Anak School of Life (SoL) di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal di Indonesia. Mari jadi berkat untuk anak Indonesia agar mereka dapat akses pendidikan yang baik, DONASI SEKARANG

Sumber : Puji Astuti / Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami