Megawati Temui Paus Fransiskus, Dapat Pesan Ini Untuk Masyarakat Indonesia
Sumber: VOI

News / 19 December 2023

Kalangan Sendiri

Megawati Temui Paus Fransiskus, Dapat Pesan Ini Untuk Masyarakat Indonesia

Puji Astuti Official Writer
850

Dalam pertemuannya di Vatikan, Ketua Umum PDI Perjuangan dan juga Presiden ke Lima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri melakukan pembicaraan khusus dengan Paus Fransiskus, Senin (18/12) waktu setempat. Dalam kesempatan tersebut, Paus Fransiskus memberikan pesan khusus untuk masyarakat Indonesia.  

“Beliau meminta agar apa yang terjadi di Indonesia, dalam kehidupan kerukunan beragama dapat diteruskan,” demikian ungkap Megawati kepada wartawan usai pertemuan tersebut.  

Kehadiran Megawati di Vatikan kali ini dalam perannya sebagai juri Zayed Award for Human Fraternity 2024, bersama beberapa tokoh dunia yang lain. Mereka adalah Ketua Komisi Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional Rabbi Abraham Cooper, Sekretaris Jenderal Zayed Award Mohamed Abdelsalam, Mantan Direktur Jenderal UNESCO, hingga Mantan Menteri Bulgaria, Irina Georgieva Bokova. 

Pertemuan Megawati dan para tokoh dunia tersebut dengan Paus Fransiskus dalam rangka membahas nominasi dan pemenang Zayed Award yang akan diumumkan pada 4 Februari 2024, di Abu Dhabi bertepatan dengan Hari Persaudaraan Manusia Internasional yang diakui PBB. Perhargaan ini adalah pengakuan terhadap individu atau entitas dalam peran mereka memperjuangkan nilai-nilai persaudaraan dan kemanusiaan.  

Penghargaan ini dibuat sebagai penghargaan untuk Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab. Hadiah bagi pemenang penghargaan ini senilai 1 juta dolar Amerika Serikat.  

Menjadi sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk bisa mengambil bagian dalam penghargaan ini yang  diwakili oleh Megawati Soekarno Putri dalam perannya sebagai juri. Sebab sebagai sebuah bangsa, persaudaraan dan kesatuan menjadi sebuah nilai utama yang mengikat bangsa ini melalui semboyan Bhineka Tunggal Ika.  

Mari seperti pesan Paus Fransiskus, kita menjaga dan melestarikan nilai-nilai ini dan menjadi teladan untuk bangsa-bangsa lain dalam hal kerukunan dan kesatuan dalam segala perbedaan kita.  

Baca juga : 

Rayakan Ulang Tahun ke-87, Paus Fransiskus Kumpul Bersama Anak-anak dan Ingatkan Ini

Jadi Juri Zayed Award, Jusuf Kalla Bertemu Paus Fransiskus Di Vatikan

Sumber : Berbagai Sumber / Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami