5 Cara Menjaga Sukacita Keluarga di Tengah Perbedaan Pilihan Calon Presiden
Sumber: BBC Indonesia

Relationship / 13 December 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Menjaga Sukacita Keluarga di Tengah Perbedaan Pilihan Calon Presiden

Aprita L Ekanaru Official Writer
1108

Pemilihan umum presiden merupakan momen yang penting bagi setiap warga negara Indonesia. Dalam momen ini, setiap orang memiliki hak untuk memilih calon presiden dan wakil presiden yang mereka yakini paling baik untuk memimpin negara.

Namun, perbedaan pilihan calon presiden terkadang dapat menjadi sumber konflik dalam keluarga. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan pandangan politik, ideologi, atau faktor lainnya.

 

BACA JUGA: Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan! Pesan untuk Masyarakat

 

Perbedaan pilihan calon presiden dalam keluarga tentu dapat menimbulkan ketegangan dan perselisihan. Hal ini dapat berdampak negatif pada keharmonisan keluarga.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga sukacita keluarga di tengah perbedaan pilihan calon presiden. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Saling menghormati pilihan masing-masing

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah saling menghormati pilihan masing-masing. Meskipun memiliki pilihan yang berbeda, setiap orang memiliki hak untuk memilih calon presiden yang mereka yakini paling baik.

Dengan saling menghormati, setiap orang dapat menjaga perasaan masing-masing dan menghindari konflik.

2. Mendiskusikan perbedaan pilihan secara objektif

Jika ingin mendiskusikan perbedaan pilihan, lakukanlah secara objektif. Hindari membicarakan hal-hal yang bersifat pribadi atau emosional.

Fokuslah pada perbedaan pandangan politik atau ideologi yang mendasari pilihan masing-masing. Dengan demikian, diskusi dapat berjalan dengan lebih konstruktif.

3. Mencari titik temu

Dalam diskusi, cobalah untuk mencari titik temu. Misalnya, jika perbedaan pilihan disebabkan oleh perbedaan pandangan politik, cobalah untuk mencari hal-hal yang sama yang diyakini oleh kedua belah pihak.

Dengan demikian, diskusi dapat lebih produktif dan tidak hanya berfokus pada perbedaan.

4. Menyepakati untuk tidak membahas politik

Jika perbedaan pilihan sulit untuk didiskusikan secara objektif, cobalah untuk menyepakati untuk tidak membahas politik. Hal ini dapat dilakukan untuk menjaga keharmonisan keluarga.

Tentu saja, kesepakatan ini harus dilakukan secara sukarela dan tidak memaksakan.

5. Mencari kegiatan lain yang dapat menyatukan keluarga

Selain politik, ada banyak hal lain yang dapat menyatukan keluarga. Misalnya, menghabiskan waktu bersama, melakukan kegiatan rekreasi, atau sekadar mengobrol.

Dengan melakukan kegiatan lain yang menyenangkan, keluarga dapat fokus pada hal-hal positif dan melupakan perbedaan pilihan.

Menjaga sukacita keluarga di tengah perbedaan pilihan calon presiden memang tidak mudah. Namun, dengan upaya dan komitmen dari semua pihak, hal ini dapat diwujudkan.

Berikut adalah beberapa contoh konkret yang dapat dilakukan untuk menjaga sukacita keluarga di tengah perbedaan pilihan calon presiden:

  • Saat makan malam, hindari membicarakan politik. Fokuslah pada hal-hal positif, seperti pekerjaan, sekolah, atau kegiatan keluarga lainnya.
  • Saat berkumpul dengan keluarga besar, hindari membicarakan politik yang dapat menimbulkan ketegangan. Lebih baik fokus pada kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain games atau menonton film bersama.
  • Jika ingin mendiskusikan politik, lakukanlah secara privat dan tidak di depan anak-anak. Hal ini untuk menghindari anak-anak terpengaruh oleh perbedaan pilihan orang tua.

 

BACA JUGA: Bobby Nasution Titip Pesan ke Pendeta: Jangan Sampai Kita Terpecah Belah Karena Pemilu

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, keluarga dapat tetap harmonis dan bahagia, meskipun memiliki perbedaan pilihan calon presiden.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami