9 Ayat di Alkitab yang Menjelaskan Tentang Keluarga
Sumber: Canva.com

Marriage / 29 November 2023

Kalangan Sendiri

9 Ayat di Alkitab yang Menjelaskan Tentang Keluarga

Aprita L Ekanaru Official Writer
1343

Secara alkitabiah, keluarga diartikan sebagai persekutuan hidup antara suami, istri, dan anak-anak. Persekutuan ini didasari oleh kasih, saling menghormati, dan saling mendukung. Keluarga merupakan bagian penting dalam masyarakat dan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang.

Dalam Alkitab, keluarga digambarkan sebagai unit dasar masyarakat. Allah menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan kebersamaan. Keluarga merupakan tempat di mana manusia dapat belajar untuk saling mencintai, mengasihi, dan menghormati.

Alkitab juga menekankan pentingnya peran keluarga dalam mendidik dan membesarkan anak-anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai moral dan spiritual. Keluarga juga merupakan tempat di mana anak-anak dapat belajar untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Berikut adalah 9 ayat Alkitab yang berbicara tentang keluarga:

1. Keluaran 20:12

"Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu."

Ayat ini adalah salah satu perintah pertama yang diberikan kepada umat Israel. Menghormati orang tua adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih kepada Tuhan.

2. Efesus 6:1-3

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena ini adalah kewajiban yang patut. Hormatilah ayahmu dan ibumu, - ini adalah suatu perintah yang pertama dalam janji, - supaya baik keadaanmu dan engkau panjang umur di bumi."

Ayat ini menegaskan kembali pentingnya menghormati orang tua. Anak-anak harus menaati orang tua mereka di dalam Tuhan, yang berarti menghormati mereka dan mengikuti nasihat mereka.

3. Kolose 3:20-21

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam segala hal, karena hal ini menyenangkan di dalam Tuhan. Hai bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarahmu terhadap anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Ayat ini berbicara kepada baik anak-anak maupun orang tua. Anak-anak harus menaati orang tua mereka dalam segala hal, dan orang tua harus mendidik anak-anak mereka dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

4. Amsal 1:8

"Dengarkanlah nasihat ayahmu dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu."

Amsal ini mengingatkan anak-anak untuk mendengarkan nasihat orang tua mereka. Nasihat orang tua dapat membantu anak-anak membuat keputusan yang bijaksana.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami