9 Bersaudara Ini Hancur & Jatuh ke Dunia Malam, Tapi Tuhan Selamatkan Mereka – Kisah Berta
Sumber: Solusi TV

Milenial / 29 November 2023

Kalangan Sendiri

9 Bersaudara Ini Hancur & Jatuh ke Dunia Malam, Tapi Tuhan Selamatkan Mereka – Kisah Berta

Claudia Jessica Official Writer
936

Kehidupan Berta Veronica, tumbuh dalam keluarga yang tidak mengenal kasih Kristus, seperti menceritakan kisah yang penuh dengan liku-liku. Kedua orangtuanya berpisah ketika ia masih duduk di kelas 2 SD. Ayah dan ibunya tinggal terpisah dengan anak-anak mereka, membuat Berta hidup bersama dengan delapan saudaranya yang lain.

Kehilangan kehadiran orangtua yang seharusnya memberikan bimbingan dan teladan membuat Berta, bersama kedelapan saudaranya, tumbuh dewasa tanpa bimbingan yang jelas sehingga mereka tidak bisa membedakan apa yang baik dan buruk.

Tanpa adanya figur orang dewasa, kesembilan bersaudara ini terjerumus ke dalam pergaulan malam, sampai pada titik di mana narkoba menjadi bagian dari kehidupan mereka.

 

BACA JUGA: Sekalipun Alami Kekerasan & Kasih Palsu, Lusi Darmawati Tetap All Out Bahagiakan Keluarga

 

Namun, dalam kisah kegelapan ini, Tuhan menunjukkan rencana-Nya yang ajaib. Berta Veronica, anak kedelapan dari sembilan bersaudara, ditangkap oleh belas kasihan Tuhan, meskipun masih sering terlibat dalam dunia malam.

Momentum perubahan datang melalui suami yang Tuhan kirim. Lewat hubungannya dengan sang kekasih, Berta yang sejak kecil tidak mengenal sosok Tuhan maupun beribadah di hari minggu, diperkenalkan dengan siapa Tuhan.

Meskipun setelah menikah, suaminya justru menunjukkan perilaku kekerasan dalam rumah tangga mereka. Namun, dalam proses ini, Berta menemukan kekuatan melalui doa dan keputusannya untuk bertahan.

“Sekalipun menyayangiku, dia kerap melakukan kekerasan kepadaku,” cerita Berta kepada Brian Siawarta dalam tayangan Solusi Talks.

Yang paling ekstrem adalah ketika Berta melarikan diri ke hutan untuk menghindari kekerasan yang kerap dilakukan suaminya. Di di dalam hutan, Berta berharap sang suami tidak bisa menemukannya.

Saudara-saudara Berta pada awalnya juga tidak bisa menerima perilaku kasar suaminya. Namun, sering dengan perubahan yang terjadi pada sang suami, mereka mulai menerimanya.

 

BACA JUGA: Ditinggal Bertahun-tahun Lalu Alami KDRT, Kenapa Julie Astuti Kaunang Tetap Bertahan?

 

Dalam kesedihannya ini, Berta banyak berdoa kepada Tuhan. Ia berdoa dan menaikan puji-pujian untuk Tuhan sampai akhirnya Sang Suami berhasil menemukan Berta di dalam hutan tersebut.

Sejak kejadian itu, sang suami mulai berubah secara perlahan.

Demi menemukan Berta, suaminya rela meninggalkan semua hal duniawi yang ia miliki. Doa-doa yang Berta panjatkan pun mulai berbuah. Hal ini dapat kita lihat melalui karakter suaminya yang berubah perlahan menjadi lebih baik. Ia tidak lagi menjadi kasar, hubungan mereka sebagai suami istri juga dipulihkan. Namun, keadaan finansial mereka benar-benar hancur.

Dalam proses ini, Tuhan membentuk Berta dari nol, katanya, “Namun saya percaya bahwa Tuhan mengizinkan kita diproses supaya kita sadar bahwa segala sesuatu berasal dari Tuhan, bukan kekuatan kita sendiri.”

Ketika keuangan mereka hancur, dan kehidupan sehari-hari sulit untuk memenuhi kebutuhan, Berta terus membangun hubungan dengan Tuhan. Dalam momen sulit tersebut, keinginan untuk membeli rumah muncul, dan meskipun terlihat tidak masuk akal, Berta memilih untuk percaya. Katanya, “Aku ingin membeli rumah tapi kami tidak memiliki uang. Namun saya beriman bahwa Tuhan sanggup melakukannya untuk kami.”

Saat itu, suami Berta mengatakan bahwa impiannya adalah impian yang tidak masuk akal. Namun Tuhan membuktikan kebesaran-Nya. Tuhan mengutus salah satu saudara mereka dan memberikan uang ratusan juta rupiah yang kemudian digunakan untuk membeli rumah.

 

BACA JUGA: Gembala The Rock Church, Jacqlien Celosse Disiksa dari Kecil Sampai Kena Penyakit Langka

 

Keajaiban ini membuat suaminya takjub dan membuka matanya terhadap kekuatan Tuhan. Bahkan, ia mengaku bahwa semua yang mereka miliki adalah berkat Tuhan. Ia merespon anaknya yang kala itu mempertanyakan sosok Berta yang sangat sering pergi-pulang ke gereja, katanya, “Jangan perang larang mama kamu ke gereja untuk pelayanan. Karena ini semua (yang kita miliki) karena mamamu deket sama Tuhan.”

Peristiwa tersebut membuat Berta takjub bahwasannya sang suami yang saat ini sudah berpulang kepada Tuhan, sudah mengakui dengan mulutnya bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan yang dahsyat, Tuhan yang bertanggungjawab atas hidup umat-Nya.

Mari bersama kita menyaksikan lebih banyak kisah inspiratif di Youtube Solusi TV berikut ini:

Sumber : Solusi TV
Halaman :
1

Ikuti Kami