5 Jenis Kekerasan yang Perlu Anak Ketahui untuk Mencegah Mereka Menjadi Korban
Sumber: jakpost.net

Parenting / 28 November 2023

Kalangan Sendiri

5 Jenis Kekerasan yang Perlu Anak Ketahui untuk Mencegah Mereka Menjadi Korban

Claudia Jessica Official Writer
560

Semakin banyak berita tentang kekerasan yang dialami anak saat ini, mulai dari kekerasan fisik, bullying, kekerasan seksual, hingga kekerasan psikis. Kekerasan yang dialami oleh korban meninggalkan luka yang mendalam. Bahkan seorang anak di Banyuwangi yang menjadi korban bullying teman-temannya di sekolah memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Dari sini kita bisa melihat bahwa kekerasan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang berbagai jenis kekerasan yang mungkin dihadapi di lingkungan sekitar. Dengan memberikan pengetahuan ini, kita membekali anak-anak untuk dapat mengenali, menghindari, dan mengatasi situasi yang berpotensi membahayakan tersebut.

Mari kita lihat lima jenis kekerasan yang perlu anak ketahui beserta contoh dan cara mengatasinya.

1. Kekerasan Fisik

Kekerasan fisik pada anak melibatkan penggunaan kekuatan atau tindakan fisik yang dapat merugikan atau membahayakan. Contohnya bisa berupa pertikaian fisik di sekolah atau tindakan kekerasan dalam rumah tangga. Penting untuk memberi pemahaman kepada anak-anak tentang kekerasan fisik agar mereka dapat mengidentifikasi, menghindari, dan mengatasi situasi berpotensi berbahaya ini.

Cara mengatasi kekerasan fisik melibatkan pembukaan komunikasi dengan anak, mengajarkan keterampilan pengelolaan konflik, dan menekankan bahwa kekerasan bukan solusi. Anak-anak perlu tahu kepada siapa melaporkan situasi kekerasan dan memahami dampak negatifnya.

2. Kekerasan Seksual

Kekerasan seksual pada anak merupakan bentuk pelecehan yang melibatkan eksploitasi seksual terhadap anak, baik oleh orang dewasa maupun sesama anak. Ajarkan anak tentang area pribadi yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Ajarkan anak-anak untuk tidak merasa bersalah jika mereka mengalami pelecehan dan katakan bahwa mereka dapat berbicara dengan orang dewasa yang dipercayai.

3. Kekerasan Psikis

Kekerasan psikis pada anak biasanya terjadi lewat tindakan atau kata-kata yang merugikan secara emosional. Misalnya seperti pelecehan verbal, penghinaan, atau isolasi sosial.

Untuk mencegahnya, penting untuk membangun komunikasi positif, mengajarkan kecerdasan emosional, dan memberikan pemahaman tentang cara menangani masalah ini.

4. Perundungan (Bullying)

Perundungan terjadi ketika seseorang dengan sengaja menyakiti atau merendahkan orang lain secara berulang. Anak perlu tahu cara mengenali perundungan dan menghadapinya. Dorong mereka untuk melaporkan perundungan kepada guru atau kepala sekolah, serta mempromosikan budaya sekolah yang mendorong penghargaan dan persahabatan.

5. Diskriminasi dan Intoleransi

Anak harus belajar mengenali diskriminasi dan intoleransi terhadap perbedaan seperti ras, agama, atau latar belakang. Ajarkan nilai-nilai inklusivitas, hargai keberagaman, dan berbicara tentang cara mengatasi situasi diskriminatif. Dorong anak untuk berani berdiri menyuarakan keadilan dan berbicara ketika mereka melihat ketidaksetaraan atau ketidakadilan.

Dalam mendidik anak-anak tentang kekerasan, kunci utamanya adalah membuka saluran komunikasi yang baik. Membangun kepercayaan membuat mereka merasa nyaman berbicara tentang pengalaman mereka, mencari bantuan ketika diperlukan, dan memperlengkapi mereka dengan beberapa langkah spontan yang bisa dilakukan ketika mendapati terjadinya kekerasan.

Jangan lupa untuk memberikan contoh positif tentang bagaimana mengatasi konflik secara damai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami