Di Tengah Kesibukan Anda, Perhatikan Anak dengan Lakukan 5 Hal Ini
Sumber: pexels.com

Relationship / 24 November 2023

Kalangan Sendiri

Di Tengah Kesibukan Anda, Perhatikan Anak dengan Lakukan 5 Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
1480

Kesibukan adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari, terlebih bagi orang tua yang memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, di tengah kesibukan tersebut, penting bagi orang tua untuk tetap meluangkan waktu untuk memperhatikan anak-anak.

Anak-anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Ketika anak merasa diperhatikan, mereka akan merasa dicintai dan diterima, serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

 

BACA JUGA: Luar Biasa! Ternyata Memeluk Anak Besar Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Mereka

 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat anak merasa diperhatikan di tengah kesibukan orang tuanya:

1. Habiskan waktu bersama anak setiap hari

Waktu bersama anak tidak harus selalu lama. Bahkan, waktu yang singkat pun dapat memberikan dampak yang besar bagi anak. Luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk bermain bersama, membacakan cerita, atau sekadar mengobrol.

2. Dengarkan anak dengan penuh perhatian

Ketika anak berbicara, dengarkan mereka dengan penuh perhatian. Jangan memotong pembicaraan mereka atau mengalihkan perhatian mereka. Biarkan mereka merasa bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan.

3. Berikan pujian dan apresiasi

Pujian dan apresiasi dapat membuat anak merasa bangga dan dihargai. Berikan pujian kepada anak atas pencapaian mereka, baik yang besar maupun kecil.

4. Bersikaplah konsisten

Anak-anak membutuhkan konsistensi dari orang tua. Jika Anda ingin mereka merasa diperhatikan, pastikan Anda menunjukkan perhatian Anda secara konsisten, baik dalam perkataan maupun perbuatan.

5. Libatkan anak dalam kegiatan sehari-hari

Libatkan anak dalam kegiatan sehari-hari, seperti membangtu membersihkan rumah, berkebun atau memasak. Hal ini akan membuat anak merasa menjadi bagian penting dari keluarga.

Berikut adalah beberapa ide kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama anak-anak:

  • Bermain di taman
  • Membacakan cerita
  • Menonton film bersama
  • Berolahraga bersama
  • Memasak bersama
  • Berkebun

 

BACA JUGA: 7 Langkah Membantu Anak Anda Mandiri dalam Mengelola Keuangan

 

Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, seperti mengunjungi panti asuhan atau panti jompo. Hal ini akan mengajarkan anak-anak untuk peduli kepada sesama.

Meskipun Anda sibuk, Anda tetap dapat meluangkan waktu untuk memperhatikan anak-anak. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menemukan cara untuk membuat anak-anak merasa dicintai dan diperhatikan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami