4 Alasan Penting Mengapa Orangtua Harus Meluangkan Waktu untuk Anak Anda
Sumber: canva.com

Parenting / 23 November 2023

Kalangan Sendiri

4 Alasan Penting Mengapa Orangtua Harus Meluangkan Waktu untuk Anak Anda

Claudia Jessica Official Writer
762

Di Alkitab, kita diajarkan bahwa orangtua memiliki tanggung jawab untuk membesarkan anak-anak dalam kebenaran dan kasih Kristus. Bahkan Tuhan Yesus sendiri sangat menyanagi anak-anak. (Markus 10:4) Lalu, kenapa orangtua harus meluangkan waktu untuk anak-anaknya?

Anak adalah hadiah dari Tuhan untuk pasangan yang telah menikah dan Tuhan mau kita sebagai orangtua untuk merawat dan mengasuhnya dengan sebaik-baiknya. Tumbuh kembang anak adalah hal penting yang kemudian menjadi pondasi dalam kehidupannya. Untuk membesarkan anak dengan kebenaran Firman Tuhan, maka kita harus meluangkan waktu Anda untuk anak-anak.

 

BACA JUGA: 18 Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Pentingnya ‘Keutuhan’ Sebuah Keluarga

 

Berikut ini adalah empat alasan penting mengapa orangtua harus meluangkan waktu untuk anak:

1. Untuk Mengajar Mereka tentang Tuhan

Alkitab mengajarkan bahwa orang tua harus mengajar anak-anak mereka tentang Tuhan (Ulangan 6:6-7). Ini termasuk mengajar mereka tentang kebenaran firman Tuhan, tentang karakter dan sifat Tuhan, dan tentang bagaimana hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Luangkan waktu untuk membaca Alkitab dengan anak-anak Anda, berdoa bersama mereka, dan berbicara dengan mereka tentang iman Anda.

2. Untuk Mengasihi Mereka

Efesus 6:4 mengajarkan kita bahwa orang tua harus mengasihi anak-anak mereka dengan kasih yang tidak bersyarat. Artinya, Anda perlu menunjukkan kasih kepada anak Anda0020melalui tindakan, bukan hanya kata-kata. Luangkan waktu untuk bermain bersama anak-anak Anda, mendengarkan mereka, dan mendukung mereka.

3. Untuk Membangun Hubungan dengan Mereka

Alkitab mengajarkan bahwa orang tua harus membangun hubungan yang kuat dengan anak-anak mereka (Mazmur 127:3-5).

 

BACA JUGA: Bangun Keluarga yang Takut Akan Tuhan Yuk! 14 Cara Ini Yang Bisa Kamu Lakukan

 

Luangkanlah waktu Anda untuk mengenal anak Anda sebagai individu dan pahami apa yang penting bagi mereka. Ajaklah mereka untuk berbicara tentang hari mereka, impian mereka, dan ketakutan yang mungkin sedang mereka hadapi saat ini.

4. Untuk Mempersiapkan Mereka untuk Masa Depan

Selain mengajarkan orangtua untuk mengasihi anak-anak, Efesus 6:4 juga mengajarkan kita bahwa orang tua harus mempersiapkan anak-anak untuk masa depan mereka.

Berikanlah sebagian waktu dan perhatian Anda untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan dan karakter yang mereka butuhkan untuk masa depannya. Ajarkan anak-anak Anda tentang tanggung jawab, kerja keras, dan pentingnya membuat keputusan yang baik.

Meluangkan waktu untuk anak-anak Anda dapat menjadi tantangan, namun hal itu akan sebanding ketika Anda melihat buahnya di masa mendatang. Ketika Anda meluangkan waktu untuk anak-anak Anda, Anda telah menabur untuk masa depan mereka, Anda juga membantu mereka untuk merasakan kasih Tuhan, membangun pondasi yang kuat dengan iman, memberikan mereka rasa aman dari kedua orangtuanya.

 

BACA JUGA: Bangun Keluarga yang Takut Akan Tuhan Yuk! 14 Cara Ini Yang Bisa Kamu Lakukan 4 Manfaat Membangun Devosional Bagi Keluarga Kristen

 

Marilah luangkan waktu Anda untuk anak-anak Anda. Jika saat ini Anda belum pernah meluangkan waktu dengan anak Anda, mulailah dengan langkah kecil seperti ajak mereka berbicara, tanyakan bagaimana keseharian mereka, apa yang mereka rasakan, apa yang sedang mereka gumulkan, atau bahkan Anda juga bisa mengajak mereka untuk hangout bersama dengan lakukan percakapan yang mendalam.

Anda diberkati dengan artikel ini? Yuk bagikan artikel ini sebagai langkah kecil untuk menjadi berkat bagi orang-orang di sekeliling Anda. 

Anda juga bisa memberikan dukungan Anda untuk jawaban.com membuat lebih banyak konten seperti ini dengan berdonasi. Kontribusi Anda telah memberkati semua pembaca setia website ini. Klik tombol di bawah untuk berdonasi.

DONASI

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami