Bangun Keluarga yang Takut Akan Tuhan Yuk! 14 Cara Ini Yang Bisa Kamu Lakukan (1/2)
Sumber: canva

Parenting / 16 November 2023

Kalangan Sendiri

Bangun Keluarga yang Takut Akan Tuhan Yuk! 14 Cara Ini Yang Bisa Kamu Lakukan (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
848

Memiliki keluarga yang takut akan Tuhan bukan sekedar harapan bagi kebanyakan orang Kristen, tetapi juga panggilan Alkitabiah yang kuat. Sebagaimana dikatakan dalam Amsal 22:6, “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Memiliki keluarga yang takut akan Tuhan bukan sekedar kewajiban semata, melainkan juga berguna untuk membangun kerohanian yang kuat untuk generasi ke generasi.

Dengan memiliki keluarga yang takut akan Tuhan, iman setiap anggota keluarga akan menjadi lebih kuat, juga dapat menciptakan lingkungan keluarga yang positif. Yuk bangun keluarga Anda menjadi keluarga yang takut akan Tuhan dengan 14 langkah berikut:

1. Doa

Doa adalah jembatan langsung antara keluarga dan Tuhan. Melibatkan seluruh keluarga dalam doa akan memperkuat hubungan dengan Tuhan dan satu sama lain. Dengan menanamkan kebiasaan berdoa sejak dini akan mengajarkan anak-anak bahwa mereka selalu bisa mengandalkan Tuhan untuk mencari jawaban atas doa-doa dan kebutuhan mereka.

 

BACA JUGA: Kunci Keluarga Untuk Menciptakan Keluarga yang Utuh

 

2. Baca Alkitab

Alkitab adalah dasar dari iman Kristen. Membaca Alkitab bersama-sama sebagai keluarga akan membuka diskusi tentang ajaran-ajaran Tuhan. Pilihlah waktu yang tepat dan buat waktu tersebut menjadi momen istimewa, kemudian ajarkan anak-anak Anda bagaimana cara menyerap Firman Tuhan. Selain membantu memahami firman Tuhan, aktivitas ini juga membangun kebiasaan untuk menjadikan Alkitab sebagai panduan utama kehidupan.

3. Membangun Mezbah Keluarga

Mezbah keluarga adalah simbol pengabdian kepada Tuhan di tengah-tengah rutinitas sehari-hari. Membangun mezbah keluarga dapat dilakukan dengan menciptakan ruang khusus untuk ibadah di rumah.

Ini adalah tempat untuk doa bersama, membaca Alkitab, dan melakukan refleksi rohani. Mezbah keluarga menjadi simbol dari komitmen untuk menjadikan Tuhan sebagai pusat kehidupan keluarga.

4. Menjadi Teladan Lewat Nilai-nilai Kekristenan

Anak-anak belajar melalui contoh. Oleh karena itu, orang tua harus menjadi teladan dalam nilai-nilai Kekristenan seperti kasih, kesabaran, juga kelemahlemnutan. Menjadi teladan tidak hanya terbatas melalui perkataan, tetapi juga melalui tindakan sehari-hari.

5. Berpartisipasi Aktif di Gereja

Gereja adalah tempat di mana komunitas umat Kristen berkumpul. Melibatkan keluarga dalam kegiatan gereja dapat memperkuat ikatan dengan jemaat dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan rohani. Aktif dalam komunitas gereja memberikan peluang untuk Anda memiliki relasi dengan sesama orang percaya yang dapat memperluas pengertian tentang kehidupan Kristen.

 

BACA JUGA: Siapa yang Harus Didahulukan Dalam Pernikahan? Anak atau Pasangan...

 

6. Melakukan Pelayanan dan Menabur

Melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan pelayanan dan amal, baik di lingkungan gereja maupun masyarakat sekitar, adalah cara efektif untuk mengajarkan kepada mereka nilai-nilai kasih dalam tindakan.

Dengan mengajarkan semangat memberi dan empati, Anda tidak hanya memberikan kontribusi positif pada perkembangan anak-anak Anda, tetapi juga membentuk pondasi kasih sayang.

7. Manfaatkan Media Kristen

Dalam era teknologi, media adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Memanfaatkan media seperti buku, film, dan musik dapat menjadi cara yang baik untuk membangun iman. Pilihlah materi yang sesuai dengan nilai-nilai Kristen dan gunakan sebagai alat untuk membuka diskusi dalam keluarga.

Membangun keluarga yang takut akan Tuhan membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten. Namun, perjuangan ini akan menciptakan generasi yang kuat dalam iman, siap untuk menghadapi tantangan kehidupan dengan keberanian dari Firman Tuhan.

Dengan mengikuti cara-cara ini, orang Kristen dapat membawa pengaruh positif ke dalam keluarga mereka.

7 poin berikutnya akan kita bahas di artikel selanjutnya ya!

 

Anda merasa diberkati dengan artikel ini? Yuk bagikan artikel ini sebagai langkah kecil untuk menjadi berkat bagi orang-orang di sekeliling Anda.

Anda juga bisa mendukung jawaban.com untuk membuat artikel-artikel lainnya dengan berdonasi. Berapapun yang Anda berikan telah membantu kami menjangkau  banyak orang dimanapun mereka berada. Klik tombol donasi sekarang.

DONASI

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami