7 Tips Kesehatan yang Bisa Diterapkan Dari Alkitab
Sumber: Healthy henry

Health / 12 November 2023

Kalangan Sendiri

7 Tips Kesehatan yang Bisa Diterapkan Dari Alkitab

Lori Official Writer
768

"Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja." (3 Yohanes 1: 2)

 

Alkitab, sebagai sumber kebijaksanaan hidup, memberikan petunjuk yang berharga tentang kesehatan kita. Kesehatan, setelah keselamatan, menjadi pokok utama dalam hidup. Dengan memahami ajaran Alkitab tentang kesehatan, kita dapat hidup sehat sesuai rencana Tuhan. 

Berikut adalah 7 tips kesehatan yang dapat diambil dari Alkitab:

Tips 1: Jaga Hubungan dengan Tuhan

Alkitab mengajarkan bahwa hubungan erat dengan Tuhan memengaruhi kesehatan kita. Matius 6:33 berkata, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Ada hubungan positif antara spiritualitas dan kondisi kesehatan yang lebih baik. Bahkan sains telah membuktikan hal ini. Amsal 3:1-2 juga menegaskan bahwa takut akan Tuhan membawa kesehatan bagi tubuh. Hubungan dan persekutuan Anda dengan Tuhan mempengaruhi kesehatan Anda, inilah yang ditekankan dalam Keluaran 15: 26, “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku TUHANlah yang menyembuhkan engkau.”

 

Baca Juga: 10 Tips Kesehatan Terbaik Versi Alkitab

 

Tips 2: Perhatikan Pola Makan

Banyak penyakit yang berhubungan dengan apa yang kita makan dan minum. Alkitab memperingatkan tentang makanan yang kita konsumsi. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda makan. Makanan olahan tidak baik untuk kesehatan, sebaliknya kembali ke pola makan alamiah seperti memperbanyak sayur-sayuran adalah pilihan yang lebih baik. Seperti disampaikan dalam Mazmur 104:14,’

Daniel 1 menunjukkan bahwa memilih makan sayuran dapat memberikan keuntungan kesehatan. Selain itu, Alkitab menekankan bahwa terlalu banyak gula juga telah terbukti tidak baik bagi kesehatan Anda, seperti disampaikan dalam Amsal 25:27a bahwa tidak baik makan banyak madu. Gula adalah pembunuh nomor satu manusia! Terlalu banyak gula yang kita konsumsi dapat menyebabkan beragam kondisi seperti penambahan berat badan, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit hati berlemak, dan depresi.

 

Tips 3: Kelola Stres dengan Percaya pada Tuhan

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk sakit kepala, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, nyeri dada, dan masalah pencernaan, yang dapat mempersingkat hidup Anda. Lukas 12: 22-26 mengajarkan agar tidak khawatir tentang kehidupan sehari-hari, karena kekhawatiran tidak mengubah apapun. 

Kekhawatiran tidak mengubah apa pun; itu hanya akan membuat Anda lelah. Percaya kepada Tuhan. “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Petrus 5: 7). Di Filipi 4:6 juga menyampaikan, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” Selain itu, jangan terlalu memaksakan diri atau terlibat dalam terlalu banyak hal. Ketahui kapan harus berkata “tidak” dan nikmati hidup Anda.

 

Tips 4: Olahraga Teratur

1 Timotius 4: 8 berkata, “Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” Kurangnya olahraga akan berdampak negatif pada kesehatan Anda. Sama seperti Anda melakukan latihan rohani seperti berdoa, membaca Alkitab, dan sebagainya, jangan mengabaikan latihan fisik. Olahraga teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mental dan jantung Anda. Tetapi, pastikan untuk lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga tertentu.

 

Tips 5: Tidur dan Istirahat Cukup

Bekerja berlebihan tidak baik untuk kesehatan Anda, begitu juga dengan mengkosumsi makanan berlebihan. Amsal 23: 4 menyampaikan, “Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini.” Anda memerlukan tidur dan istirahat yang cukup agar tetap sehat. Tidur dan istirahat yang cukup meningkatkan kesehatan dan produktivitas Anda. Kurang tidur dan istirahat akan berdampak negatif pada kesehatan Anda, termasuk membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

Jadi bekerja itu penting, tapi istirahat juga jauh lebih penting. Mazmur 127: 2 berkata, “Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah — sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.” 

 

Baca Juga: The Makers Diet, Terobosan Kesehatan Alkitabiah

 

Tips 6: Mengandalkan Iman di Dalam Tuhan Untuk Sehat Tapi Jangan Abaikan Perawatan Medis

Dalam 3 Yohanes 1: 2, Rasul Yohanes berdoa untuk Gayus katanya, “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.” Percaya dan akui Firman Tuhan untuk kesehatan dan kesembuhan Anda. Meski demikian, kunjungilah dokter untuk pemeriksaan kesehatan dan konsultasi bila Anda sakit. Hindari pengobatan pribadi dan penyalahgunaan obat-obatan karena pengobatan pribadi dapat menghabiskan lebih banyak uang daripada menemui penyedia layanan kesehatan. Tapi jangan utamakan pertolongan manusia di atas pertolongan Tuhan. Biarlah iman Anda tetap kepada Tuhan bahkan saat Anda mencari perawatan medis.

 

Tips 7: Perhatikan Kebersihan Diri

Kurangnya kebersihan diri menyebabkan banyak penyakit. Jangan menjadi orang Kristen yang tidak higienis. Berpuasa dan berdoa atau mengaku Firman Tuhan tidak akan menghindarkan Anda dari penyakit yang berhubungan dengan kebersihan.

Alkitab di dalam Ulangan 23:12-13 berkata, “Di luar perkemahan itu haruslah ada bagimu suatu tempat ke mana engkau pergi untuk kada hajat. Di antara perlengkapanmu haruslah ada padamu sekop kecil dan apabila engkau jongkok kada hajat, haruslah engkau menggali lobang dengan itu dan menimbuni kotoranmu.” Ini adalah salah satu instruksi yang disampaikan Tuhan kepada bangsa Israel mengenai pengendalian penyakit dan kebersihan, termasuk mandi, mencuci tangan dan pakaian bahkan buang hajat.

Jika Tuhan menciptakan kita, maka Dia sendiri memberikan kita hikmat untuk menjaga tubuh fisik kita dengan baik. Kita bisa mendapatkan beragam tips kesehatan dari kebenaran firman-Nya. Mari mulai 7 tips kesehatan ini lebih dulu, sebelum menerapkan tips kesehatan lainnya. Selamat mencoba!

Halaman :
1

Ikuti Kami