Menteri Agama Buka Kegiatan Pesparani Katolik Nasional III di Jakarta
Sumber: tempo

News / 30 October 2023

Kalangan Sendiri

Menteri Agama Buka Kegiatan Pesparani Katolik Nasional III di Jakarta

Lori Official Writer
1228

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Choumas membuka kegiatan Pesta Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional III di Jakarta, pada Minggu, 28 Oktober 2023. 

Menag Yaqut mengucap syukur dan bangga dengan pelaksanaan Pesparani Katolik ini dan berharap agar acara ini mempertebal kecintaan masyarakat terhadap agama, bangsa dan negara. 

“Saya selalu merasa lebih tenang dan lebih bahagia, saya selalu merasa bagian dari saudara orang Katolik yang dicap sebagai orang baik diantara umat Katolik. Dalam agama saya Islam, kami diajarkan bahwa mereka yang bukan saudara dalam dalam iman adalah saudara dalam kemanusiaan. Dan malam hari ini saya adalah saudara bagi bapa ibu saudara sekalian,” ungkap Menag Yaqut.

 

Baca Juga: Pesparani Nasional Katolik Tingkat III sebagai Sarana Kebersamaan dan Keberagaman

 

Dalam pembukaan Pesparani ini Uskup Agung Ignatius Kardinal Suharyo turut hadir dan memberikan sambutan. Ia menyampaikan bahwa pembukaan Pesparani ini digelar bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, sehingga pesannya terbilang istimewa karena selain bernyanyi untuk memuji Tuhan, tetapipara peserta juga ingin menunjukkan rasa cinta akan tanah airnya.

“Bagi saya dan umat Katolik, ini (Pesparani) memiliki pesan bermakna istimewa, katika kami mengadakan Pesparani menyanyikan lagu gereja, kami ingin memuliakkan Tuhan dan kami juga ingin menunjukkan cinta akan tanah air,” ungkapnya.

Di tahun ini, Pesparani Katolik Nasional III mengusung tema “Kebersamaan Dalam Keberagaman”. Sehingga Menag Yaqut memuji acara ini karena sesuai dengan konteksnya sebagai ajang persaudaraan sejati yang mengukuhkan keberagaman bangsa. Dia percaya Pesparani ini bisa menjadi kunci kekuatan budaya bangsa serta kekuatan mewujudkan harapan bangsa untuk menuai cita-cita bangsa di masa mendatang.

 

Baca Juga: Kemenag Gelar Festival Film Pendek Moderasi Beragama, Ini 10 Nominasi Teratas!

 

Seperti diketahui, Pesparani digelar dengan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bina Masyarakat Katolik dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani KKatolik Nasional (LP3KN). Pesparani Katolik ini sendiri merupakan seni budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgy dan nyanyian. 

Para peserta nantinya akan memperebutkan 13 kategori lomba yang berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai 29-31 Oktober 2023. Dan di kesempatan ini nantinya Piala Bergilir Pesparani dari Kontingen Maluku selaku juara umum Pesparani 2022 Kupang kepada Ketua Panitia untuk diperebutkan. Selanjutnya acara penyerahan telur persaudaraan dari Ketua Umum Panitia Sebastianus Salang kepada Menteri Agama RI Yaqut Cholil Choumas.

Halaman :
1

Ikuti Kami