Perhatikan Ini Saat Pasang Ring Jantung Seperti Hotman Paris
Sumber: google.com

Health / 24 October 2023

Kalangan Sendiri

Perhatikan Ini Saat Pasang Ring Jantung Seperti Hotman Paris

Lori Official Writer
959

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa pengacara kondang Hotman Paris mengalami penyumbatan pembuluh darah. Penyakit ini memaksanya harus memasang tiga ring jantung sekaligus karena kondisi penyumbatan pembuluh darah yang sudah mencapai 70 persen. 

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari pemasangan ring jantung bagi pasien yang mengalami penyumbatan darah?

Seperti dikutip dari Webmd.com, ring jantung adalah tabung kecil yang berperan besar dalam mengobati penyakit jantung. Ring ini membantu menjaga pembuluh darah membawa darah dari jantung ke bagian lain tubuh, termasuk otot jantung agar tetap terbuka.

Kebanyakan ring jantung terbuat dari kawat dan bersifat permanen. Ada juga yang terbuat dari kain. Sebagian lainnya juga terbuat dari bahan yang larut dan diserap tubuh seiring waktu. 

 

Baca Juga: Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Tertinggi, Pahami Serangan Jantung Lebih Lengkap

 

Bagaimana Cara Kerja Ring Jantung?

Saat zat lemak yang disebut plak menumpuk di dalam pembuluh darah, hal ini bisa mengurangi aliran darah ke bagian jantung. Kondisi ini disebut dengan jantung koroner yang cirinya mulai terjadi nyeri di bagian dada. 

Plak juga bisa menyebabkan penggumpalan darah yang menghalangi aliran darah ke jantung dan jika tak ditangani akan menyebabkan serangan jantung. Sehingga pemasangan ring jantung berfungsi untuk menjaga aliran darah tetap terbuka dan menurunkan nyeri dada. 

 

Apakah Pemasangan Ring Jantung Berisiko?

Prosedur pemasangan ring jantung pada pasien umumnya memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Jika kondisi penyumbatan terbilang ringan maka pemasangan ring jantung bisa memakan waktu yang lebih singkat, tetapi untuk penyakit jantung yang lebih parah bisa memakan waktu yang cukup panjang.

Namun sebagai catatan, meskipun pemasangan ring jantung bertujuan untuk penyembuhan, prosedur ini juga memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan pasien, diantaranya:

  • Bisa menyebabkan pendarahan di bagian kulit tempat dokter memasukkan selang
  • Menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah 
  • Menyebabkan infeksi 
  • Detak jantung menjadi tidak teratur 

 

Baca Juga: Terjadi Tiba-tiba, 3 Pertolongan Pertama yang Wajib Dilakukan Saat Alami Serangan Jantung

 

Namun untuk mencegah risiko ini, pasien perlu melakukan beberapa langkah sederhana sesuai dengan anjuran dokter, diantaranya:

1. Pastikan mengkonsumsi obat yang sesuai bagi tubuh.

2. Ikuti petunjuk penggunaan obat dan jangan menghentikan pengobatan sebelum disarankan dokter.

3. Beritahu dokter jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi seperti nyeri, bengkak atau kemerahan di bagian pemasangan ring jantung.

4. Hindari olahraga intens atau mengangkat benda berat, dan dokter akan memberi tahu kapan bisa melakukan olahraga.

5. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter.

Nah, supaya tak alami penyumbatan pembuluh darah seperti yang diderita Hotman Paris, Anda bisa mulai memperhatikan gaya hidup sehari-hari. Pengacara kondang ini juga menyampaikan kepada semua orang supaya rutin medical check-up minimal sekali dalam setahun. 

“Jadi saran saya kepada orang-orang, walaupun tidak ada gejala, walaupun Anda langsing, selalu sering check-up di CT Scan,” ungkap Hotman Paris.

Halaman :
1

Ikuti Kami