Bupati Belitung Rangkul Gereja Hadapi Isu SARA & Berpartisipasi Aktif dalam Pembangunan
Sumber: antaranews.com

News / 13 October 2023

Kalangan Sendiri

Bupati Belitung Rangkul Gereja Hadapi Isu SARA & Berpartisipasi Aktif dalam Pembangunan

Claudia Jessica Official Writer
851

Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, mengajak komunitas gereja di seluruh Kabupaten Belitung untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan daerah tersebut. Ajakan ini disampaikan saat acara pelantikan pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Daerah (PGID) Belitung di Tanjung Pandan yang diadakan pada Jumat (13/10/2023).

“Saya mengajak pengurus gereja se-Kabupaten Belitung untuk meningkatkan partisipasi bersama dalam pembangunan daerah,” katanya.

Menurutnya, mencapai tujuan pembangunan di masyarakat bukanlah tugas yang mudah, maka diperlukan dukungan dan keterlibatan aktif dari berbagai pihak, termasuk gereja. Salah satu indikator penting dalam proses pembangunan adalah menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat.

 

BACA JUGA: Setelah 14 Tahun, Gereja Ini Akhirnya Diresmikan! Walikota: “Pentingnya Peran Tokoh Agama”

 

Pembangunan di Kabupaten Belitung memiliki beberapa prioritas, termasuk penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, pertanian, perikanan, reformasi birokrasi, pelayanan publik, peningkatan infrastruktur strategis, dan layanan kesehatan.

Tak hanya umat Kristen, Bupati Saleh juga mengajak semua warga beragama yang hadir pada acara ini untuk bersinergi dan berpartisipasi dalam upaya pembangunan.

Selain itu, ia menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Dalam konteks keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, ia mendorong umat Kristiani untuk menjaga sikap toleransi antar umat beragama.

“Masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) di Indonesia adalah masalah sensitif dan sering menimbulkan gesekan panas jika tidak ditangani dengan serius dan sering kali berujung dengan konflik,” pungkasnya.

 

BACA JUGA: Badan Amal Kristen Ini Ajak Umat Tuhan Doakan Perdamaian Israel dan Palestina

 

Ketua Umum PGID Belitung, Pdt Ridwan Hamonangan Purba, menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam upaya pembangunan daerah. Dia menekankan pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama sebagai bagian penting dari masa depan daerah ini.

“Ke depannya kami siap untuk melayani, berkarya, dan membangun kabupaten Belitung. Kemudian semoga kehidupan toleransi di Belitung senantiasa terjaga dan menjadi bagian penting ke depan,” tutur Ridwan.

Kerjasama antara pemerintah daerah dan komunitas gereja, seperti yang diusulkan Bupati Saleh, menjadi langkah positif dalam memajukan pembangunan dan menjaga kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Belitung.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami