Jadilah Terang dan Garam di Dunia Kerja! Mulai Dengan Lakukan 5 Hal Ini
Sumber: canva.com

Finance / 12 October 2023

Kalangan Sendiri

Jadilah Terang dan Garam di Dunia Kerja! Mulai Dengan Lakukan 5 Hal Ini

Claudia Jessica Official Writer
832

Sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk menjadi garam dan terang dunia dimanapun kita berada, termasuk di tempat kerja.

Tempat kerja memberikan kita kesempatan yang unik untuk menunjukkan kekuatan iman kita dan memberikan dampak positif kepada orang-orang di sekitar kita. Dengan menunjukkan nilai-nilai yang Kristus teladankan seperti integritas, kerendahan hati, kasih sayang, keunggulan, kita dapat menjadi wakil Kristus di tempat kerja kita.

Kita memancarkan terang-Nya dan membagikan kasih-Nya kepada rekan kerja dan klien kita melalui perbuatan dan maupun kita. Berikut ini adalah beberapa nilai kekristenan yang bisa kita terapkan di tempat kerja sehingga kita bisa menghidupi firman-Nya:

1) Jujur

Sebagai orang Kristen, kita harus menjaga kejujuran dan integritas dalam pekerjaan Adna serta menolak melakukan tindak kecurangan. Amsal 11:1 berkata, “Neraca serong adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi Ia berkenan akan batu timbangan yang tepat.”

 

BACA JUGA: Gesekan di Dunia Kerja Itu Biasa. Gimana Orang Kristen Harus Menyikapinya?

 

2) Menunjukkan rasa menghargai

Perlakukanlah kolega, atasan, dan bawahan Anda dengan hormat. Akui nilai dan martabat yang melekat kepada setiap orang seperti yang diperintahkan oleh Roma 12:10, “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.”

3) Mengasihi setiap orang yang ada

Sebagai orang Krsiten, Anda harus menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang membutuhkan dan memberi perhatian serta dukungan kepada rekan kerja yang sedang menghadapi tantangan maupun kesulitan.

Kolose 3:12 mengingatkan kita terkait hal ini. Katanya, “Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

 

BACA JUGA: Menjadi Role Model Di Dunia Pekerjaan. Inilah 3 Cara Yang Orang Kristen Harus Lakukan!

 

4) Tekun

Anda harus mengerjakan pekerjaan Anda dengan ketekunan dan etos kerja yang kuat, memberikan usaha terbaik Anda dan berjuang untuk mencapai yang terbaik. Seperti yang dikatakan oleh Amsal 22:29, “Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.”

5) Memilikii hati yang mau mengampuni dan melakukan rekonsiliasi jika terjadi konflik

Sebagai orang Kristen yang mengetahui kebenaran, Anda harus berusaha untuk melakukan rekonsiliasi dan memberikan pengampunan jika terjadi konflik atau kesalahpahaman. Kemudian bina lingkungan kerja yang damai dan harmonis.

Matius 5:9 menulis, “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.”

Penting bagi kita untuk menyadari bahwa menghidupi kelima nilai kekristenan ini dapat mendatangkan tantangan. Anda mungkin menghadapi cemoohan, diskriminasi, atau tantangan karena tetap teguh pada iman Anda. Meski demikian, Matius 5:10 meyakinkan kita untuk tetap menjunjung hal-hal ini, “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.”

 

BACA JUGA: Mau Jadi Berkat di Tempat Kerja? Begini Caranya. Mulai Yuk!

 

Ketika kita secara konsisten menunjukkan nilai-nilai Kristiani di tempat kerja, reputasi dalam hal kecapakan, kepercayaan, dan keunggulan dengan sendirinya.

1 Petrus 2:12 mengajak kita untuk menjalani kehidupan yang baik diantara orang-orang yang tidak percaya agar mereka dapat melihat perbuatan baik kita dan memuliakan Tuhan. Perilaku kita yang seperti Kristus dapat membuka pintu bagi perbincangan tentang iman dan menjadi kesaksian akan kuasa transformasi Allah.

Kolose 3:23 “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

 

Anda diberkati dengan artikel ini? Yuk bagikan artikel ini supaya lebih banyak orang yang diberkati lewat tulisan ini. Anda juga bisa memberikan dukungan Anda kepada pelayanan jawaban.com dengan berdonasi, klik di sini.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami