Saingan Cari Kerja Makin Ketat! Atasi Dengan 7 Tips Ini Supaya Perusahaan Mau Lirik Anda!
Sumber: canva.com

Finance / 28 September 2023

Kalangan Sendiri

Saingan Cari Kerja Makin Ketat! Atasi Dengan 7 Tips Ini Supaya Perusahaan Mau Lirik Anda!

Claudia Jessica Official Writer
1594

Fenomena ‘susah cari kerja’ sudah bukan rahasia lagi. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya jumlah pencari kerja yang tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Lulusan SMA maupun lulusan perguruan tinggi bersaing untuk mendapat pekerjaan.

Sekalipun ada kesempatan pekerjaan, persaingan yang ketat, perubahan dalam tuntutan pasar kerja, dan berbagai faktor lainnya telah membuat proses mencari pekerjaan menjadi sulit. Apa saja sih faktor yang membuat masyarakat saat ini kesulitan mendapat pekerjaan:

1. Persaingan yang Ketat

Jumlah lulusan perguruan tinggi dan universitas yang terus bertambah setiap tahun meningkatkan persaingan di pasar kerja. Banyak perusahaan memiliki standar yang lebih tinggi dalam memilih kandidat terbaik.

 

BACA JUGA: Tren Rage Applying pada Milenial dan Gen Z: Apakah Efektif atau Berdampak Buruk?

 

2. Dampak Pandemi COVID-19

Pandemi telah mengubah dinamika pasar kerja dengan banyak perusahaan yang melakukan pemotongan pekerjaan. Hal ini meningkatkan tingkat pengangguran dan membuat pencari kerja harus bersaing lebih keras.

3. Perubahan dalam Keterampilan yang Dibutuhkan

Kemajuan teknologi dan perubahan dalam ekonomi global telah mengubah jenis keterampilan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Ini dapat membuat orang-orang yang tidak memiliki keterampilan yang sesuai merasa kesulitan dalam mencari pekerjaan.

4. Tuntutan Tinggi dalam Pengalaman

Banyak perusahaan mengharapkan pengalaman kerja sebelumnya dari kandidat. Ini bisa menjadi hambatan bagi mereka yang baru lulus atau ingin berpindah karier.

 

BACA JUGA: Turut Dalam Pekerjaan Baik dari Tuhan

 

5. Tingkat Pengangguran Pada Tingkat Rendah

Di beberapa daerah, tingkat pengangguran yang rendah dapat membuat pasar kerja lebih kompetitif karena sedikitnya pekerjaan yang tersedia.

Jika sudah mengetahui faktor-faktor yang membuat sulit mencari pekerjaan saat ini, mari buat perusahaan memilih Anda dan menangkan persaingan mencari kerja dengan 7 cara berikut ini:

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami