Kesaksian Papa Mama yang Diberkati Lewat Modul “The Parenting Project”
Sumber: Jawaban.com

Berita CBN / 17 September 2023

Kalangan Sendiri

Kesaksian Papa Mama yang Diberkati Lewat Modul “The Parenting Project”

Lori Official Writer
1475

Berkat setiap dukungan dan doa Anda, uji coba The Parenting Project (TPP) telah dimulai di bulan Agustus 2023. Sebanyak 42 jaringan gereja Mitra CBN di berbagai daerah telah sukses menyelesaikan modul 1 dari beberapa modul yang akan diuji coba sepanjang tiga bulan ke depan. 

Setiap orang tua (pasangan suami istri) dari jaringan gereja Mitra CBN diberikan pendampingan dari para fasilitator CBN di daerahnya masing-masing. Secara khusus mereka membuat pertemuan rutin untuk belajar dari modul TPP yang sudah disediakan melalui aplikasi maupun website. Lalu para peserta mengambil waktu berdiskusi tentang pengalaman pengasuhan anak yang relevan dengan pembahasan modul.  

Bersyukur, banyak peserta yang diberkati dan diberikan pemahaman baru tentang hal-hal praktis membangun relasi dengan pasangan dan anak. 

Berikut beberapa kesaksian yang sangat memberkati dari uji coba The Parenting Project yang sudah dimulai di berbagai wilayah. 

Hubungan seorang ibu dan anak dipulihkan berkat uji coba TPP di BNKP Kota Gunungsitoli, Nias 

Sebanyak 10 keluarga telah menyelesaikan uji coba modul 1 dan 2 TPP di BNKP Kota Gunnungsitoli, Nias. Melalui dua pertemuan yang digelar, setiap peserta terlibat aktif di dalam diskusi dan secara jujur dan terbuka menyampaikan kegagalan dan masalah yang dihadapi, baik dalam hubungan dengan pasangan maupun dalam mendidik anak. 

Salah satu kesaksian yang memberkati berasal dari seorang ibu yang tiba-tiba menangis dan menyesali tindakan kekerasan yang ia lakukan terhadap anaknya. Pelajaran dari modul TPP menyadarkannya bahwa tindakan tersebut rupanya salah dan melukai anak. Berkat pelajaran ini, sang ibu memilih meminta maaf kepada anaknya. Dia juga berdoa agar hubungannya dengan suami dipulihkan. 

Pemahaman baru tentang pengasuhan anak mendorong setiap peserta berkomitmen untuk berjuang mengaplikasikan setiap pelajaran yang di dapat di rumah dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

 

The Parenting Project di GSRI Pasar 7 Sukarende, Deli Serdang menyadarkan para ayah dampak komunikasi yang buruk terhadap psikologi anak 

Proses uji coba TPP di GSRI Pasar 7 Sukarende, Deli Serdang, Sumatera Utara berjalan dengan antusias. Uji coba ini diikuti oleh sebanyak 5 keluarga. Dari modul 1 TPP yang sudah diselesaikan, para ayah menyadari bahwa ternyata cara berkomunikasi bisa berdampak buruk terhadap perkembangan psikologi anak.  

Pelajaran pengasuhan di TPP mengubah paradigma para ayah bahwa kebiasaan komunikasi yang dianggap lumrah selama ini rupanya bisa menyakiti anak.  

 

Peserta TPP di GKRI Anugerah Pekanbaru disadarkan akan kesalahan pengasuhan anak

Hal yang paling menarik dari uji coba TPP di GKRI Anugerah Pekanbaru adalah momen para peserta menangis terharu saat menyaksikan materi TPP. Setiap ibu dan ayah peserta dengan jujur membagikan kegagalan mereka di dalam pengasuhan anak. Mereka mengaku merasa malu lantaran belum bisa menjadi teladan yang baik bagi anak.  

 

Peserta TPP di GSJA Sangkakala Bandung mendapat pemahaman baru soal peran orang tua 

Puji Tuhan! Peserta uji coba TPP di GSJA Sangkakala Bandung mendapatkan pemahaman baru melalui modul 1 bahwa orang tua harus menjadi teladan bagi anak. Di Modul 2, para peserta disadarkan akan dampak pengabaian terhadap anak. Salah satu ibu mengaku kaget dengan fakta mencengangkan dari pengabaian anak. Ia menyadari bahwa meski tak pernah memukul, namun anak yang diabaikan rupanya bisa mengalami trauma mendalam yang bisa menjadi faktor penghambat tumbuh kembang anak. 

 

Orang tua di GMIT Batu Karang Nonohonis alami pertobatan berkat topik ACEs  

Peserta TPP dari GMIT Batu Karang Nonohonis, NTT telah menyelesaikan 2 modul pertama. Setelah diberkati melalui pembahasan pentingnya peran orang tua dalam kehidupan anak, peserta semakin diberkati melalui modul 2 dengan topik bahasan tentang ACEs. Bersyukur, para peserta dengan terbuka mengidentifikasi dan membagikan ACEs yang mereka miliki. Hal ini membuat mereka menyadari kesalahan dan bahkan mengambil langkah untuk bertobat.  

Inilah yang dialami salah satu ayah yang menghadiri uji coba tersebut. Ia mengambil langkah untuk berdoa dan meminta pengampunan dan mengampuni orang tuanya yang telah melakukan KDRT di masa kecilnya. Begitu juga dengan seorang ibu yang memilih bertobat dan berjanji untuk tidak kasar terhadap anaknya.  

 

Orang tua peserta TPP di GSJA Ungaran terdorong mengubah cara didik anak  

Uji coba TPP Modul 1 dan 2 di GSJA Ungaran sejak 14 Agustus 2023 lalu membuat para peserta menyadari bahwa perilaku yang selama ini dilakukan sebagai orangtua tidak mencerminkan teladan yang baik. Setiap peserta berkomitmen mengubah cara didik mereka dan secara khusus bagi ayah kembali diingatkan bahwa pekerjaan mengurus anak bukan hanya tanggung jawab ibu.  Karena itu para ayah berkomitmen untuk ikut ambil bagian di dalam pengasuhan. 

Puji Tuhan, respon uji coba TPP dari para peserta sangat positif dan ada banyak kesaksian yang memberkati para orang tua yang terlibat. Mari terus doakan agar uji coba TPP yang akan terus berlangsung tiga bulan ke depan ini berdampak bagi keluarga-keluarga peserta sehingga ada banyak pemulihan hubungan terjadi. 

Halaman :
1

Ikuti Kami