Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tersedia Gratis! Begini Cara Daftar dan Syaratnya
Sumber: Liputan6

News / 17 September 2023

Kalangan Sendiri

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tersedia Gratis! Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Lori Official Writer
929

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah mengumumkan rencana pelaksanaan uji coba gratis naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk masyarakat umum mulai tanggal 15 September 2023. Dalam rangka uji coba ini, tersedia empat jadwal keberangkatan setiap harinya, di mana setiap penumpang akan diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan pulang pergi (PP) antara Halim dan Tegalluar. Dengan demikian, terdapat total delapan perjalanan kereta cepat yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Partisipasi masyarakat dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan terus berlanjut hingga tanggal 30 September. Kapasitas maksimum Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah sebanyak 601 orang, yang dibagi ke dalam tiga kelas yang berbeda, yaitu:

  • Penumpang VIP sekitar 18 orang 
  • Penumpang First Class 28 orang 
  • Penumpang Premium Economy 555 orang 

 

Baca Juga: Alasan & Makna di Balik Nama “NUSANTARA’ Ibu Kota Negara Baru Indonesia

 

Syarat Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis

1. Daftar perjalanan melalui situs resmi KCIC.

2. Isi formulir online yang disediakan di situs tersebut.

3. Penumpang hanya bisa menikmati kereta cepat jika masih memenuhi kuota yang sudah ditentukan. Dan tiket gratis ini khusus diperuntukkan bagi warga yang tinggal di sekitra jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Seperti diketahui, KCJB ini akan mulai resmi beroperasi melayani penumpang pada 1 Oktober. Pengoperasian dilakukan secara bertahap mulai dari delapan perjalanan kereta. Jumlah perjalanan akan bertambah menjadi 28 pada November. Lalu bertambah lagi menjadi 40 kali pada Desember dan 68 kali pada Januari 2024. 

 

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Makna Simbol Pohon Kehidupan yang Dipakai di Logo Ibu Kota Negara

 

KCJB yang memiliki jalur sepanjang 142,3 km dilengkapi dengan 13 terowongan. Kemudian akan dipusatkan di 4 stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Selain itu, KCJB juga akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.

Selamat mencoba warga Jakarta dan sekitarnya. Selamat sampai tujuan ya!

Halaman :
1

Ikuti Kami