Cegah Tindakan Kriminal dengan Family Safety Code! Apa Itu?
Sumber: canva.com

Parenting / 25 August 2023

Kalangan Sendiri

Cegah Tindakan Kriminal dengan Family Safety Code! Apa Itu?

Claudia Jessica Official Writer
1242

Family Safety Code atau kode keamanan keluarga adalah kode unik yang memiliki arti khusus dan hanya diketahui oleh keluarga. Family Safety Code bertujuan untuk menjaga keamanan keluarga. Maka dari itu, semua anggota keluarga wajib memahami dan menyepakati kode-kode yang akan digunakan.

Family Safety Code hanya bisa digunakan satu kali saja, sehingga jika sudah pernah dipakai, maka perlu diganti. Untuk memaksimalkan Family Safety Code, latihlah anak-anak Anda untuk menggunakan Family Safety Code dan beri pengertian bahwa kata-kata ini bersifat rahasia yang memiliki makna tersendiri dan hanya boleh diketahui oleh keluarga inti mereka.

Maka dari itu, usahakan untuk membuat safety code yang dapat digunakan ke dalam kalimat. Misalnya seperti, “es krim coklat” sehingga anak-anak dapat menggunakannya dengan mudah.

Kapan Family Safety Code berguna?

1. Menghindari dan mengindikasikan bahaya

Tujuan yang paling utama dari penggunaan Family Safety Code adalah untuk memberitahu anggota keluarga lain secara rahasia ketika sedang berada dalam bahaya.

Misalnya ketika Anda sedang meninggalkan anak bersama dengan pengasuhnya, kemudian anak Anda mengucapkan Family Safety Code seperti, “Ma, aku ingin es krim coklat!” Artinya, anak Anda sedang menggunakan Family Safety Code dan Anda harus segera pergi ke tempat anak Anda berada.

2. Mencegah penipuan via telepon

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, banyak penipu yang memanfaatkan hal ini untuk mengelabui korbannya. Ketika seseorang menelepon Anda dan mengaku sedang bersama anak Anda atau bahkan mungkin saja pelaku menirukan suara anak Anda, disinilah Family Safety Code akan sangat bermanfaat. Tanyakan tentang Family Safety Code Anda sebelum melakukan tindakan apapun.

3. Menghindari atau mencegah penculikan

Ketika anak sudah bersekolah, ada kalanya sebagai orang tua kita tidak bisa menjemput anak sehingga kita meminta orang lain untuk menjemputnya. Namun, hal ini bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk menculik anak Anda. Maka dari itu, buatlah Family Safety Code bersama dengan anak untuk memastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang Anda utus untuk menjemput anak.

Jika orang tersebut tidak mengetahui Safety Code-nya, maka ingatkan anak Anda untuk jangan pergi dengan orang tersebut.

Dengan adanya panduan yang jelas tentang tindakan yang harus diambil dalam situasi berisiko, anggota keluarga akan lebih mudah mengenali tanda-tanda awal bahaya dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai.

Melalui komunikasi yang terbuka di antara keluarga, Family Safety Code akan memberikan manfaat yang maksimal untuk memberikan perlindungan bagi seluruh keluarga. Ayo buat Family Safety Code Anda sendiri!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami