Polusi Udara Makin Buruk, BPJS Kesehatan Jamin Bakal Tanggung Biaya Perawatan
Sumber: mnctrijaya.com

Finance / 25 August 2023

Kalangan Sendiri

Polusi Udara Makin Buruk, BPJS Kesehatan Jamin Bakal Tanggung Biaya Perawatan

Claudia Jessica Official Writer
1224

Kondisi polusi udara yang semakin mengkhawatirkan tentu membuat masyarakat cukup resah. Terutama banyak penyakit yang mengancam kita dalam keadaan ini.

Menanggapi fenomena polusi udara ini BPJS Kesehatan mengumumkan akan menanggung biaya pengobatan penyakit yang terkait dengan polusi udara, seperti penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Agustian Fardianto, Asisten Deputi Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, menjelaskan bahwa kondisi seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang memerlukan perawatan medis dapat ditangani oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku.

 

BACA JUGA: Kiat-kiat Menjaga Diri di Tengah Gempuran Polusi Udara yang Semakin Buruk

 

“Penyakit yang disebabkan polusi udara seperti ISPA dan menimbulkan gangguan fungsi tubuh yang memerlukan pelayanan kesehatan, maka dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan indikasi medis,” ungkap Fardianto seperti yang dilansir dari detik.com pada Jumat (25/08/2023).

Fardianto menjelaskan bahwa peserta BPJS Kesehatan memiliki akses untuk menggunakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) guna memperoleh layanan dasar dalam kondisi yang tidak mengancam nyawa. Namun, jika kondisi medis mengindikasikan perlunya perawatan oleh dokter spesialis, peserta dapat dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

 

BACA JUGA: 5 Tanaman Hias sebagai Cara Alternatif Mengurangi Polusi Udara di Rumah

 

“Pada kondisi gawat darurat, peserta dapat langsung mengakses FKRTL terdekat dari peserta tersebut berada,” jelasnya.

Untuk mendapatkan perawatan tersebut, pastikan Anda menjadi peserta BPJS Kesehatan yang aktif demi kelancaran penanganan. Anda bisa mengecek status keaktifan peserta BPJS Kesehatan Anda melalui aplikasi Mobile JKN.

Disamping itu, tetaplah kesehatan Anda di tengah polusi udara yang semakin memburuk ini. Gunakan masker dan kurangi aktivitas diluar ruangan.

 

BACA JUGA: Kualitas Udara Semakin Buruk, Kita Harus Apa?

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami