5 Kebiasaan Waktu Kecil yang Bisa Anda Terapkan Ke Anak Supaya Mereka Disiplin Keuangan
Sumber: canva.com

Finance / 11 August 2023

Kalangan Sendiri

5 Kebiasaan Waktu Kecil yang Bisa Anda Terapkan Ke Anak Supaya Mereka Disiplin Keuangan

Claudia Jessica Official Writer
1496

Sadar atau tidak, kebiasaan kita waktu kecil tentang keuangan ternyata melatih kita lho. Mengelola uang bukanlah hal yang mudah, maka dari itu kita sudah dilatih dan dididik oleh orang tua sejak kita masih kecil. Misalnya ketika menginginkan sesuatu, biasanya orang tua akan mengajarkan kita untuk berusaha dengan melakukan hal-hal tertentu sebelum memberikan kita uang atau hal yang kita inginkan. Hal ini melatih kita untuk tumbuh dengan mandiri dan tidak manja. Bahwasannya kita membutuhkan usaha untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Kebiasaan seperti ini juga bisa Anda terapkan kepada anak-anak Anda lho! Tindakan ini sama saja dengan mengajarkan anak-anak tentang mengelola keuangan. Kebiasaan yang ditanamkan sejak dini dapat membantu mereka mengelola uang dengan bijaksana di kemudian hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima kebiasaan waktu kecil yang bisa Anda terapkan kepada anak-anak agar mereka tumbuh menjadi individu yang memiliki disiplin keuangan yang kuat.

 

BACA JUGA: 6 Harta Yang Dipercayakan Tuhan Kepada Kita

 

1. Memberikan Tanggung Jawab Mengatur Uang Sendiri

Memberikan anak tanggungjawab mengatur uang bulanan mereka adalah cara yang efektif untuk mengajarkan disiplin keuangan. Berikan mereka jatah uang dan ajarkan bagaimana membaginya untuk berbagai kebutuhan, seperti belanja makanan ringan atau menabung. Ini membantu mereka belajar tentang prioritas dan pengelolaan uang sejak dini.

2. Mendorong Usaha Sendiri Untuk Mendapatkan Sesuatu

Mengajarkan anak bahwa mereka harus berusaha sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan adalah pelajaran berharga. Misalnya, jika mereka ingin membeli mainan baru, mereka bisa membantu orangtua dengan tugas-tugas rumah atau menjalankan bisnis kecil, seperti menjual kue atau membuat kerajinan tangan. Ini membantu mereka memahami bahwa uang tidak datang begitu saja, melainkan melalui usaha dan kerja keras.

 

BACA JUGA: Mentalitas Konsumtif Generasi Y dan Z Bikin Sulit Atur Keuangan

 

3. Menerapkan Konsep Patungan

Saat anak ingin membeli barang mahal, ajarkan mereka tentang konsep patungan. Minta mereka untuk mengumpulkan sebagian uang dari uang bulanan atau hasil usaha mereka, dan Anda sebagai orang tua dapat membantu menambahkannya. Ini mengajarkan nilai bekerja sama, serta pentingnya menabung untuk mencapai tujuan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami