Pengakuan Billie Eilish Kecanduan Film Dewasa: Seberapa Besar Dampaknya Bagi Kesehatan?
Sumber: pedomanrakyat.com

Health / 7 August 2023

Kalangan Sendiri

Pengakuan Billie Eilish Kecanduan Film Dewasa: Seberapa Besar Dampaknya Bagi Kesehatan?

Bella Tiurma Official Writer
1491

Pengungkapan Billie Eilish baru-baru ini tentang kecanduannya pada film dewasa telah memicu perbincangan tentang kemungkinan dampak yang akan dialami. Dalam sebuah wawancara jujur di The Howard Stern Show, dia mengungkapkan bahwa kebiasaan film dewasanya dimulai pada usia 11 tahun. 

Tak hanya itu, ia juga memberitahu tentang bagaimana kecanduan film dewasa dapat mempengaruhi pada kerusakan otaknya hingga ke kesehatan mental. Bahkan dalam pengakuannya, Billie Eilish menjadi pribadi yang memiliki interaksi sosial yang sangat kurang, setiap malam harus berjuang melawan panic attack, hingga seringkali mengalami sleep paralysis.  

Pada beberapa kondisi, dengan menonton film dewasa dapat meningkatkan kualitas hubungan intim pada setiap pasangan. Namun, menjadi kecanduan akan memberikan dampak negatif kepada kesehatan fisik, mental, maupun sosial.

 

Baca Juga : Nick Vujicic Serukan Pentingnya Peran Gereja untuk Mengatasi Dosa Seksual

 

Lalu seberapa berdampaknya kecanduan film dewasa bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut ini: 

1. Menyusutnya Volume hingga Kerusakan Otak 

Salah satu dampak dari kecanduan menonton film dewasa adalah menyusutnya volume otak hingga terjadi kerusakan. Hal ini dapat terjadi karena seseorang yang telah alami kecanduan dapat membuat volume otak khususnya di area sekitar striatum yang bisa menyusut. Striatum adalah area pada otak yang berkaitan dengan terbentuknya motivasi pada seseorang. 

Sedangkan otak bisa saja menjadi rusak hasil dari kecanduan menonton film dewasa. Hal ini bisa terjadi karena tubuh akan terus mengeluarkan hormon dopamin hingga membanjiri prefrontal cortex. Dimana prefrontal cortex adalah salah satu bagian dari otak yang berperan sebagai pusat kepribadian karena memiliki fungsi khusus. 

Pada bagian prefrontal cortex yang telah didominasi oleh dopamin akan memberikan dampak seperti sulitnya membedakan baik buruknya perilaku, sulitnya mengambil keputusan, tidak adanya kepercayaan diri, menurunnya tingkat imajinasi, hingga sulitnya untuk menyusun rencana masa depan. 

Ketika seseorang sudah mengalami kecanduan film dewasa dan penyusutan pada jaringan otak, maka tidak akan lama otak akan mengalami pengecilan dan terjadi kerusakan secara permanen. 

2. Rasa Bersalah 

Beberapa orang yang telah kecanduan film dewasa akan memberikan dampak pada kesehatan mental, dimana akan timbul rasa bersalah. Terlebih ketika seseorang sudah tidak tahu bagaimana cara menghentikannya, maka perasaan bersalah akan terus menumpuk. 

Pada akhirnya, seseorang akan mengalami penurunan kesehatan mental yang memberikan efek kepada perubahan fisiologis. Sehingga hanya dengan menghentikan kebiasaan tersebut agar rasa bersalah yang dirasakan tidak secara terus menerus menyelimuti diri. 

 

Baca Juga : 5 Dampak Berbahaya Tindakan Revenge Porn Terhadap Korban dan Cara Mengatasinya…

 

3. Gangguan Emosi 

Selain rasa bersalah, salah satu dampak bagi kesehatan mental setelah seseorang mengalami kecanduan film dewasa adalah terganggunya emosi. Timbulnya perasaan kacau karena di dalam diri yang selalu mencari konten dewasa, atau seseorang akan cepat marah dan tersinggung ketika saat sedang mengakses konten tersebut. 

Tak hanya itu, seseorang akan menjadi mudah lupa dan sulit berkonsentrasi, karena seseorang yang sudah mengalami kecanduan akan lebih mudah merasakan kecemasan. Hingga perasaan takut kecanduannya ini terbongkar dan menjadi sulit untuk berinteraksi dengan orang sekitar. 

4. Disfungsi Seksual 

Dampak lain dari kecanduan menonton film dewasa adalah tidak berfungsi hormon seksual seseorang, baik pada pria maupun wanita. Karena seseorang yang mengalami kecanduan menonton film dewasa akan berbanding lurus dengan kebiasaan masturbasi seseorang. 

Selain itu, kecanduan film dewasa akan membuat seseorang tidak memiliki keinginan kepada pasangan karena telah bergantung pada fantasi dalam otaknya dari film yang ditonton. 

 

Baca Juga : Kata Alkitab: Apakah Masturbasi Dosa atau Tidak?

 

5. Masa Depan Hancur 

Dampak yang paling merugikan bagi setiap orang dari kecanduan menonton film dewasa adalah hancurnya masa depan yang telah dirancang. Karena ketika kita mengalami kesulitan menghentikan kecanduan ini, kita akan dengan sengaja mengabaikan hal lain yang lebih bermanfaat. 

Selain itu, dampak yang paling berbahaya adalah menjerumuskan kita kepada seks bebas yang memiliki efek yang sangat buruk dan mampu merusak masa depan. Terlebih ketika hormon seksual kita menjadi tinggi, maka seorang yang telah kecanduan akan melalukan hal-hal nekat, seperti pelecehan seksual bahkan bisa melakukan pemerkosaan.

Sumber : detik.com | halodoc.com
Halaman :
1

Ikuti Kami