Anak Mengalami Pelecehan Seksual?! Lakukan 5 Cara ini untuk Atasi Traumanya!
Sumber: klikdokter.com

Health / 2 August 2023

Kalangan Sendiri

Anak Mengalami Pelecehan Seksual?! Lakukan 5 Cara ini untuk Atasi Traumanya!

Bella Tiurma Official Writer
1845

Kasus pelecehan seksual terhadap anak marak terjadi belakangan ini, tak terkecuali terhadap anak artis salah satunya seperti kasus yang terjadi pada Michelle Ashley anak dari Pinkan Mambo menjadi korban pelecehan ayah tirinya. 

Dampak dari pelecehan tersebut tentu akan membuat siapapun korbannya mengalami trauma berat. Karena setiap korban akan terus dihantui kejadian yang menakutkan dan berbagai macam reaksi yang dapat mempengaruhi kehidupan korban. 

Akibat dari pelecehan seksual ini mamapu memberikan efek traumatis pada fisik, emosional, hingga psikologisnya. Sehingga sebagai orangtua ataupun orang terdekat perlu mempelajari berbagai cara menangani trauma yang terjadi pada korban pelecehan seksual untuk membantu mendapatkan perawatan terbaik. 

Berikut ini 5 cara menangani trauma pada anak yang menjadi korban pelecehan seksual. 

 

Baca Juga : Bangkit dan Pulih dari Trauma Masa Lalu

 

1. Melakukan Pembicaraan dari Hati ke Hati 

Memiliki pola pengasuhan otoriter tentu bukan cara terbaik dalam menghadapi kasus pelecehan seksual terhadap anak, sehingga orangtua perlu mengganti pola pengasuhan otoriter menjadi pendekatan dialogis. 

Dalam pendekatan ini, sangat penting untuk lebih mendengarkan keluhan dan pengalaman anak, daripada terus menerus mengajukan pertanyaan perihal peristiwa pelecehan tersebut. Karena kebanyakan dari anak yang menjadi korban pelecahan memiliki orangtua yang menerapkan pola pengasuhan yang otoriter, sehingga hal ini akan membuat anak menjadi merasa tidak dihiraukan pendapat dan perasaannya. 

2. Memahami Perasaan Anak 

Sebagai orangtua, memahami perasaan dan pikiran anak adalah suatu hal yang sangat penting di pahami. Bahkan disaat anak telah menjadi korban pelecehan pun kita sebagai orangtua perlu mengerti bagaimana rasanya. Sehingga orangtua tidak akan memandang anak yang menjadi korban sama seperti dirinya yang sebelum menjadi korban.

 

Baca Juga : Menghadapi Kasus Pelecehan Anak, Berikut 5 Hal yang Orang Tua Bisa Lakukan Sesuai Pesan Alkitab

 

Kesadaran orangtua akan dampak besar dari pelecehan seksual pada anak juga menjadi hal penting yang perlu dipahami. Maka dari itu, orangtua tidak boleh mengabaikan isu-isu yang sedang diperbincangkan, terutama jika pelakunya adalah orang terdekat. 

Hal ini akan menjadi sangat bahaya karena anak yang menjadi korban seringkali merasa tidak boleh untuk marah, mengeluh, ataupun sedih.

SELANJUTNYA DISINI->

Sumber : detik.com | parenting.co.id | halodoc.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami