Dukung Pekan ASI Sedunia 2023, Kesehatan Bayi dan Ibu Menyusui Jadi Prioritas?!
Sumber: Jawaban.com

Health / 31 July 2023

Kalangan Sendiri

Dukung Pekan ASI Sedunia 2023, Kesehatan Bayi dan Ibu Menyusui Jadi Prioritas?!

Bella Tiurma Official Writer
1493

Setiap tanggal 1 Agustus, dunia memperingati Hari ASI Sedunia sebagai momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya memberikan ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir. 

Peringatan ini didukung oleh organisasi internasional seperti World Health Organization (WHO), United Nations Children's Funds (UNICEF), dan World Alliance for Breastfeeding Action (WABA), yang berusaha mempromosikan manfaat kesehatan dan gizi luar biasa dari ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal bayi. 

Dalam rangka peringatan Hari ASI Sedunia, dalam sepekan mulai dari tanggal 1 hingga 7 Agustus 2023 menghadirkan Pekan ASI Sedunia dengan tema "Mengaktifkan Menyusui: Membuat Perbedaan bagi Orangtua yang Bekerja." Fokus tema ini adalah menyusui di dunia kerja, dan bertujuan memberikan panduan dan hak-hak pekerja yang penting untuk keberhasilan menyusui. 

 

Baca Juga : Pekan Menyusui Sedunia 2020: Dari Manfaat Sampai Cara Aman Stok ASI Eksklusif di Rumah

 

Sejarah Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia 

Pekan ASI Sedunia telah menjadi bagian penting dalam kampanye global sejak awal tahun 1900-an, ketika WHO dan UNICEF memperkenalkan memorandum untuk mendukung dan mempromosikan tindakan menyusui. Namun pada tahun 1992, World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) merayakan Hari ASI Sedunia selama seminggu penuh, dan sekitar 70 negara turut berpartisipasi dalam kampanye ini. 

Dimana WABA adalah sebuah organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk membangun kembali budaya menyusui secara global dan memberikan dukungan untuk menyusui dimana pun. 

Oleh karena itu, setiap tahunnya untuk memperingati Pekan ASI Sedunia atau Hari ASI Sedunia dilakukan dengan berbagai tema khusus, seperti perawatan kesehatan, perempuan dan pekerjaan, kode etik internasional pemasaran susu formula pengganti ASI, dukungan masyarakat, ekologi, ekonomi, ilmu pengetahuan, pendidikan dan hak asasi manusia. 

Seberapa Penting Hari ASI Sedunia? 

Dengan adanya peringatan Pekan ASI Sedunia atau Hari ASI Sedunia adalah wujud dukungan untuk para ibu menyusui di seluruh dunia. Karena manfaat yang diberikan tak hanya kepada anak, tetapi sang ibu turut merasakannya. 

beragamnya kandungan yang ada di dalam ASI, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin baik untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi. Bahkan ASI mengandung antibodi yang bisa melawan virus dan bakteri. 

Banyaknya manfaat dalam pemberian ASI inilah yang menjadikan peringatan Hari ASI Sedunia menjadi penting bagi para orangtua yang menyusui untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pemberian ASI pada anak. 

 

Baca Juga : Moms, Inilah Takaran ASI yang Tepat Untuk Bayi

 

Kampanye Pekan ASI Sedunia 2023 

Pada tahun ini, pekan ASI sedunia yang didukung oleh WHO, UNICEF, Kementerian Kesehatan, hingga para mitra masyarakat sipil, meningkatkan dukungan untuk memastikan keberhasilan menyusui bagi semua wanita yang bekerja dimana pun tempat kerjanya. 

Hal ini dilakukan karena lebih dari setengah miliar wanita pekerja tidak mendapatkan fasilitas maternitas dasar. Bahkan banyak wanita yang tidak mendapatkan dukungan saat kembali bekerja. Sehingga dengan adanya peringatan dan kampanye ini, semakin meningkatnya orangtua yang bekerja dapat tetap menyusui. Serta mendapatkan bantuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi ibu dan anak di seluruh dunia.

Sumber : kontan.co.id | parapuan.co
Halaman :
1

Ikuti Kami