Pengaruh El Nino Masuk Hingga ke Indonesia?! Ketahui 5 Dampak Buruk bagi Kesehatan
Sumber: ayosurabaya.com

Health / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

Pengaruh El Nino Masuk Hingga ke Indonesia?! Ketahui 5 Dampak Buruk bagi Kesehatan

Bella Tiurma Official Writer
1012

Beberapa hari lalu, suhu dingin yang tidak biasa dirasakan oleh salah satu kota di Indonesia, khususnya di Bandung. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa fenomena suhu dingin ini disebabkan oleh puncak musim kemarau yang telah mencapai hampir seluruh wilayah di Jawa Barat. Dengan dominasi angin timur dan peningkatan suhu, fenomena ini tidak bisa dianggap enteng. 

Meskipun musim kemarau telah dimulai, BMKG mengkonfirmasi bahwa curah hujan masih tetap terpantau di daerah Jawa Barat. Meskipun intensitasnya sudah mulai menurun, tetapi masih ada kemungkinan terjadinya hujan. 

Meskipun BMKG menyatakan bahwa masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat tidak perlu merasa khawatir, tetapi tetap harus waspada dengan kondisi cuaca dan tidak perlu terlalu panik dengan pengaruh el nino. Namun, kita tetap perlu waspada terhadap kondisi cuaca dan dampak buruk bagi kesehatan akibat fenomena el nino. Berikut adalah beberapa dampak yang perlu diperhatikan. 

1. Gangguan Pernapasan 

El nino mampu memberikan dampak bagi pernapasan manusia yang disebabkan oleh adanya polusi udara yang memiliki jumlah partikel udara berbahaya menjadi meningkat, seperti ozon dan partikel halus. Partikel berbahaya inilah yang menjadi pemicu terganggunya pernapasan dan menyebabkan masalah pernapasan yang lebih serius, terutama yang memiliki riwayat masalah pernapasan seperti asma. 

2. Malnutrisi hingga Keracunan Makanan 

Salah satu dampak yang sangat terasa atas fenomena el nino adalah gangguan kekurangan makanan. Hal ini mampu memicu timbulnya malnutrisi yang terjadi karena adanya gangguan ketersediaan ketahanan pangan. Bahkan akibat terganggunya ketersediaan ketahanan makanan akan mempengaruhi kualitasnya juga, sehingga meningkatnya risiko keracunan makanan. 

3. Penyakit Kulit 

Selama fenomena el nino berlangsung akan menimbulkan peningkatan suhu yang tinggi dan penurunan kelembapan. Sehingga dampak dari kondisi tersebut akan menyebabkan permasalahan kulit seperti kering, gatal, dan merah. Selain itu, adanya kemungkinan kulit kita mengalami infeksi dan eksim. 

4. Psikososial dan Kejiwaan 

Fenomena el nino mampu memicu meningkatnya risiko penyebaran penyakit melalui vektor seperti nyamuk dan tikus. Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan suhu yang dapat mempercepat perkembangan dan pertumbuhan vektor. Sehingga risiko penyebaran penyakit demam berdarah, malaria, dan leptospirosis yang meningkat. 

5. Dehidrasi hingga Heat Stress 

Suhu yang tinggi dengan curah hujan yang lebih rendah akan meningkatkan risiko seseorang mengalami dehidrasi. Bahkan dari dehidrasi ini seseorang akan mengalami kelelahan, sakit kepala, kejang, pingsan, hingga suhu tubuh menjadi panas sekali atau heat stress. Sehingga kita perlu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Dampak buruk yang ditimbulkan oleh fenomena El Nino tidak boleh diabaikan. Kewaspadaan dan kesigapan dalam menghadapi cuaca yang ekstrem ini adalah langkah penting untuk melindungi kesehatan tubuh. Selalu perhatikan perkembangan cuaca dan ikuti saran-saran dari pihak berwenang untuk mengurangi risiko dampak buruk pada kesehatan Anda selama fenomena el nino.

Sumber : investor.id | ayosurabaya.com
Halaman :
1

Ikuti Kami