Buah Roh Kudus Vs Karunia Roh Kudus
Sumber: pewarta indonesia

Kata Alkitab / 21 July 2023

Kalangan Sendiri

Buah Roh Kudus Vs Karunia Roh Kudus

Admin Spiritual Official Writer
17265

Kisah Para Rasul 1:8

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

 

Ayat ini adalah pesan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke surga. Ayat ini juga berlaku untuk kita semua. Yerusalem boleh dikatakan lingkup yang paling dekat dengan kita seperti keluarga, Yudea bicara tentang saudara seiman, Samaria bisa diartikan saudara-saudara tidak seiman dan sampai ke ujung bumi. Tuhan mau memakai kita untuk menyalurkan berkat sampai ke ujung bumi.

Namun ayat ini berkata, "kamu akan menjadi saksi-Ku kalau Roh Kudus turun ke atas kamu." Bersaksi dengan menjadi saksi adalah dua hal yang berbeda. Kalau bersaksi bisa kita pelajari, merangkai kata-kata yang indah untuk bersaksi, tapi kalau menjadi saksi tidak hanya sekedar bersaksi namun orang bisa melihat kita mengalami apa yang kita katakan. Menjadi saksi artinya kita menyaksikan bagaimana Kristus hidup di dalam kita, kuasa-Nya nyata dalam kita, dan untuk itu firman-Nya berkata kamu akan menjadi saksi-Ku kalau kuasa Roh Kudus turun atas kamu.

Kita menjadi saksi bukan karena kepandaian kita, bukan karena skill kita, tapi keberhasilan ministry dan kesaksian kita itu murni karena Roh Kudus ada pada kita. Kita memerlukan Roh Kudus, kuasa yang dicurahkan. Pelayanan dimana kita hanya mengandalkan kepandaian atau skill yang kita miliki itu sangat terbatas. Tapi kalau Roh Kudus turun atas kita, ada kuasa yang bekerja dan menembus segala penghalang apapun, tembok-tembok dalam pikiran kita yang rasanya tidak mungkin ditembus, tapi saya percaya oleh kuasa Roh Kudus itu dapat ditembus.

 

Baca Juga: Apa Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen?

 

Ketika Roh Kudus memenuhi seseorang, apa yang dikerjakan Roh Kudus dalam diri orang tersebut?

1. Menghasilkan Buah Roh Kudus.

2. Mengeluarkan karunia-karunia Roh Kudus dari dalam dirinya.

Saat Roh Kudus turun atas diri seseorang, ada kuasa yang bekerja tapi kuasa itu pertama-tama bekerja ke dalam, mengerjakan dalam diri seseorang hasil dari buah Roh Kudus supaya orang itu berbuah. Dan yang kedua, kuasa yang bekerja dalam diri seseorang sifatnya keluar, bermanfaat untuk memunculkan karunia-karunia Roh Kudus bagi pekerjaan Kerajaan Allah.

Kebanyakan dari kita senang bagian yang kedua, dipakai Tuhan dalam tugas pelayanan. Pelayanan yang langsung menjangkau orang dan berdampak. Biasanya tampak dari talenta dan skill yang dimiliki orang tersebut saat melayani dan Roh Kudus memperkuat hal itu dengan kuasa-Nya. Biasanya kita tidak terlalu fokus dengan hal pertama yang sesungguhnya Tuhan kehendaki bagi kita semua.

Matius 7:21-23

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Ayat-ayat ini tiba-tiba kembali menemplak saya. Bukankah ayat ini berbicara mengenai karunia-karunia Roh Kudus yang bekerja luar biasa? Karunia-karunia Roh Kudus yang berkembang di dalam diri seseorang tapi sebenarnya kita tidak berakar di dalam sesuatu yang Tuhan kehendaki, yaitu buah Roh Kudus. Apa sih artinya hamba Tuhan? Orang-orang yang mengerjakan pekerjaannya Tuhan. Karena kita melakukan tugas pekerjaan Kerajaan Allah, kita disebut Hamba Tuhan.

 

Baca Juga: [VIDEO] #KataAlkitab: Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen

 

Apa yang dikerjakan dalam ayat ini begitu luar biasa. "Mengusir setan demi nama-Ku", menceritakan tentang orang yang luar biasa, pelayanannya terkenal, tapi tidak sedikit dalam sejarah gereja bahkan hari-hari terakhir ini, hamba-hamba Tuhan yang dipakai luar biasa, tapi sebentar kemudian jatuh dan mengalami kehancuran. Kembali ke ayat ini, saya merenungkan kok bisa dipakai Tuhan luar biasa, mengadakan mukjizat, tapi Tuhan dapat mengatakan, "Aku tidak mengenal kamu." Itu menjadi tanda tanya besar bagi saya, karena semua pekerjaan itu dilakukan ‘demi nama-Mu', memakai nama Yesus, melayani secara luar biasa, tapi Tuhan dapat mengatakan, "Aku tidak mengenal kamu."

Beberapa waktu yang lalu, Tuhan menunjukkan kepada saya sebuah ayat yang berkata sebuah pohon itu dikenal dari buahnya. "Kamu bisa melakukan pekerjaan-Ku, tapi Aku bisa mengenalmu dari buahmu". Dari hasil buah Roh Kudus di dalam kitalah, kita akan dikenal oleh Bapa. Waktu kita menghasilkan buah Roh Kudus, kita dikenal Bapa. Mungkin dunia tidak terlalu mengenal kita. Pelayanan yang didasari buah Roh Kudus, biasanya tidak terlalu heboh untuk mempromosikan dirinya, tapi kalau sampai dikenal, itu memang karena Tuhan yang mengangkat. Ada banyak sekali pelayanan yang berkembang luar biasa, saya senang karena Injil Kerajaan diberitakan. Semua hal itu benar, tapi jangan lupa pada hal yang pertama, yaitu buah Roh Kudus. Hal ini begitu menemplak saya jangan sampai segala pekerjaan yang kita lakukan di dunia selama ini sebagai hamba Tuhan, namun satu kali kelak sepertinya sia-sia karena tiba-tiba Tuhan berkata, "Aku tidak mengenal kamu." Saya percaya Dia akan mengenal kita dari buahnya.

 

Baca Juga: 17 Peran Penting Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

 

Kalau kita diberikan Roh Kudus, kuasa itu bekerja memunculkan dari dalam diri kita hasil dari buah Roh Kudus. Dan kuasa itu juga akan memakai kita dengan karunia-karunia Roh Kudus. Tuhan tidak mungkin memungkiri janji-Nya. Kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu. Jadi orang yang diurapi Tuhan akan diberi kuasa. Banyak orang yang menyangkal kejatuhannya karena melihat bagaimana pelayanannya masih dipakai Tuhan luar biasa, penuh dengan karunia meskipun buahnya sendiri sudah mulai terasa berpengaruh tidak enak. Pada hari terakhir, apa yang dikatakan dalam ayat di atas akan terjadi.

Halaman :
1

Ikuti Kami