Demi Memperkuat Kerjasama, MPH-PGI Lakukan Kunjungan ke KWI
Sumber: pgi.or.id

News / 12 July 2023

Kalangan Sendiri

Demi Memperkuat Kerjasama, MPH-PGI Lakukan Kunjungan ke KWI

Claudia Jessica Official Writer
806

Demi memperkuat hubungan kerjasama yang telah terjalin sejak lama, Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPH-PGI) melakukan pertemuan dengan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, di kantor KWI yang berlokasi di Jl. Cikini 2 No 10, Jakarta Pusat, pada tanggal Senin (10/7/2023).

Sekitar pukul 11.00 WIB, MPH-PGI bersama dengan Sekretaris Eksekutif Bidang Keesaan dan Pembaruan Gereja (KPG) PGI, yaitu Pdt. Lenta Enni Simbolon, Kabiro Perempuan dan Anak (BPA) PGI, Pdt. Sonnya M. Uniplaita, Kabiro Pemuda dan Remaja (PR) PGI, Pdt. Rosiana Indah Purnomo, Kabiro Papua, Pdt. Ronald Rischard Tapilatu, dan Direktur Yakoma PGI, Fernandez Hutagalung, tiba di kantor KWI.

“Memang kita sering bertemu dalam berbagai kesempatan, namun rasanya perjumpaan yang tidak sendiri-sendiri tetapi bersama dengan unit-unit yang ada menurut hemat kami sangatlah penting dalam rangka memperkuat kerjasama, tidak hanya ketika merumuskan pesan Natal. Bagaimana pun antara PGI dan KWI sudah punya kemitraan yang cukup panjang serta intens, dan rasa-rasanya pemikiran yang berkembang di PGI juga sebagian besar punya benang merah yang sama dengan KWI,” kata Pdt. Gomar Gultom.

Pertemuan ini membahas beberapa isu yang diharapkan dapat dijalankan dalam kerjasama antara kedua lembaga. Beberapa isu tersebut meliputi RUU Sisdiknas, situasi Papua, pertemuan kebangsaan, tantangan dalam era digitalisasi, partisipasi gereja dalam masyarakat, perayaan Paskah Nasional, Hari Doa Nasional, pendidikan politik bagi generasi muda, dan pesan bersama menjelang Pemilu 2024.

Pada akhir pertemuan, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh MPH-PGI. Baginya, kehadiran mereka bukan hanya merupakan suatu kehormatan, tetapi juga sebuah berkat bagi KWI.

“Banyak hal yang sudah kita bicarakan, dalam hal bagaimana memperkuat kerjasama di bidang kemanusiaan,  teologia, politik untuk kebangsaan Indonesia. Kami senantiasa komit untuk turut serta memperkuat kebhinekaan di negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), atas dasar Pancasila. Kita semua terus berusaha mewujudkannya dalam tugas dan karya pelayanannya masing-masing, Selain itu, kita kembangkan dalam kerjasama-kerjasama. Mudah-mudahan ke depannya bisa dilakukan, disamping pernyataan-pernyataan sikap bersama,” kata Ketua Presidium KWI periode 2022-2025 ini.

Pdt. Gomar Gultom juga mengungkapkan pemikiran yang serupa. Dia menegaskan kembali bahwa PGI dan KWI telah memiliki pandangan yang sejalan dalam hampir semua aspek kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

“Dalam percakapan kami terlihat keinginan untuk saling meningkatkan kerjasama dalam unit-unit yang ada di PGI maupun di KWI. Kami berharap dapat mengimplementasikannya bersama-sama dalam rangka kehadiran kita sebagai gereja di negara ini,” tuturnya.

Sumber : pgi.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami