Waspada?! Sakit Kepala Parah Salah Satu Ciri Pendarahan Otak, Yuk Kenali 12 Ciri Lainnya
Sumber: health.kompas.com

Health / 8 July 2023

Kalangan Sendiri

Waspada?! Sakit Kepala Parah Salah Satu Ciri Pendarahan Otak, Yuk Kenali 12 Ciri Lainnya

Bella Tiurma Official Writer
999

Pendarahan otak merupakan salah satu kondisi yang sangat fatal jika ditangani dengan segera, karena memiliki beberapa ciri-ciri yang perlu kita waspadai. Karena saat kita merasakan sakit kepala yang sudah luar biasa parah, mati rasa, hingga penurunan kesadaran memiliki kemungkinan adanya pendarahan di dalam otak. 

Hal ini perlunya kewaspadaan untuk memahami kondisi kesehatan pribadi yang menjadi salah satu cara pencegahan dari berbagai penyakit termasuk gejala dan gangguan yang ditimbulkan. Ini perlu dilakukan karena pendarahan otak terjadi ketika pembuluh arteri dalam otak pecah dan menyebabkan masuknya darah ke dalam jaringan otak. Sehingga perlu adanya perhatian khusus jika mengalami hal-hal yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah. 

Bagian otak yang memiliki kemungkinan mengalami pendarahan otak adalah di dalam otak, diantara otak dan selaput pelindungnya, diantara lapisan penutup otak, dan diantara tengkorak dan penutup otak. Penyebab seseorang dapat mengalami pendarahan otak disebabkan oleh beberapa faktor berikut: 

- Trauma kepala akibat kecelakaan, jatuh, dan hantaman keras pada kepala 

- Tekanan darah tinggi 

- Penumpukan lemak di arteri 

- Gumpalan darah yang berada di otak 

- Pecahnya aneurisma serebral  atau tonjolan pada dinding pembuluh darah di otak 

- Kelainan dinding pembuluh darah 

- Efek samping obat pengencer darah 

- Tumor otak 

Dari sekian banyaknya faktor yang dapat memicu pendarahan otak, kita tetap perlu mendatangi dokter dan mengkonsultasikannya. 

Ciri-ciri Seseorang Mengalami Pendarahan Otak 

Seseorang yang mengalami pendarahan otak sering mengalami beberapa ciri-ciri yang menandakan adanya tekanan pada jaringan otak. Dimana ciri-ciri setiap orang tentu akan berbeda tergantung lokasi pendarahan, tingkat keparahan, dan jumlah jaringan yang terkena pendarahan. Berikut ciri-ciri yang perlu diwaspadai setiap orang. 

1. Sakit kepala secara tiba-tiba dan terasa sakit yang parah 

2. Kejang 

3. Leher terasa kaku 

4. Salah satu sisi wajah dan lengan atau kaki yang terasa lemah 

5. Mual dan muntah 

6. Kelelahan dan lesu 

7. Kesemutan dan mati rasa 

8. Sulit berkomunikasi dan memahami ucapan 

9. Susah fokus dan kebingungan 

10. Gangguan penglihatan dan sensitif terhadap cahaya 

11. Kehilangan kemampuan menulis dan keseimbangan 

12. Penurunan kesadaran dan pingsan 

Jika pendarahan otak tidak ditangani dengan baik mampu mengakibatkan kerusakan permanen pada area otak, sehingga menimbulkan komplikasi seperti kelumpuhan pada satu sisi tubuh secara permanen, gangguan bicara, kehilangan kemampuan berpikir, hingga sering mengalami epilepsi. 

Anda diberkati melalui artikel ini? Mari bagikan artikel ini kepada keluarga, teman-teman gereja, komunitas maupun group bertumbuh Anda agar hidup mereka ikut diberkati.

Sumber : klikdokter.com | Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami